Kerusakan-kerusakan pada notebook toshiba

In: laptop

22 Jun 2007

Sejak tahun 2000 saya sangat percaya kalo notebook yang paling bagus itu notebook toshiba. Namun berdasarkan pengalaman ternyata notebook yang sempat menempati No.1 di indonesia ini banyak celah yang memungkinkan cepat rusak.

Bukannya mau menjatuhkan sebuah merek tapi karena ini pengalaman yang berbuah kekecewaan saya yakinkan bahwa notebook toshiba ini tidak cocok bagi saya. Tipe Notebook toshiba yang pernah saya gunakan adalah Satellite A10 pentium 4.

Berikut ini urutan kerusakan- kerusakan yang pernah saya alami selama memegang notebook toshiba beserta beberapa solusinya supaya saya bisa survive pake notebook ini :

  1. Mungkin karena setiap kali saya menggunakan notebook , kabel selalu ditancapkan ke listrik, kurang dari satu tahun batreinya sudah drop. Saran saya bagi yang suka pake notebook terutama tipe lama, tancapkan listrik jika komputer sudah memberitahukan batreinya harus di charge dan copot listriknya jika sudah penuh.
  2. Saya suka menggunakan jaringan, jadi sering tancap – cabut, ini juga mungkin karena keseringan, kayaknya ada kawat yang bengkok atau apa, baru setahun sudah tidak dapat di pakai, pernah dibawa ketempat servis dan menyarankan membeli ethernet external aja, karena kalo service biayanya akan jauh lebih mahal. Saran saya pastikan soket rg yang anda gunakan jika mau connect ke jaringan , rg nya harus yang bagus.
  3. Yang terakhir saya dikagetkan dengan modemnya, yang mendadak menghilang seolah-olah modem dicopot dari notebook. Sama sekali tidak terdeteksi. Setelah saya cari di internet solusinya, ternyata dan ternyata… si modem katanya ada yang renggang alias tidak terpasang dengan benar, dan banyak sekali yang punya pengalaman seperti ini, tidak hanya pada  toshiba jenis A10 tapi banyak yang jenis lainnya. Solusinya pun cukup lucu, dari pengalaman dari beberapa milis dan forum katanya buka saja tupup dimana modem dipasang, terus ganjel dengan kertas kurang lebih 8-10 lipatan dan tutup kembali. Saya coba buka tutupnya di tempat modem terlihat memang ada kertasjuga yang menutupi bagian modem dan kertasnya berlipat-lipat, hmmm… sepertinya toshiba (mungkin) mencoba yang sama agar modem nya tetep awet dengan cara diganjel juga. Akhirnya saya ganjel dengan kertas dan di tutup kembali. Hasilnya modemnya terdeteksi dan on lagi. Tapi ini tidak menjamin sebagai solusi yang terbaik, bisa aja bisa tambah rusak bagian modem atau komponen lainnya.

Kerusakan-kerusakan ini adalah benar-benar pengalaman saya. Teman saya yang lain punya pengalaman berbeda dengan notebook toshibanya :

  1. Layar lcd nya ngedadak hilang (ada dua orang yang saya tahu pernah mengalami seperti ini pada notebook satellite PIII) katanya ada kabel yang putus disekitar bagian bawah lcd nya.
  2. DVD – RW temen ku yang lainnya juga aneh kalo cd rom biasa bisa dibaca tapi dvd romnya gak bisa dibaca, padahal sebelumnya bisa. Kemungkinan ada komponen yang longgar yang khusus untuk membaca dvd gara2 terbentur atau jatuh.

Bukan berniat mau menjatuhkan sebuah produk tapi ini hanya untuk berbagi pengalaman bisa saja mungkin ini karena perwatannya yang salah.

Sekarang saya menggunakan notebook HP nx6120 dan Acer , mau tau apa saja kerusakannya? Tunggu saja artikelnya di blog ini.

169 Responses to Kerusakan-kerusakan pada notebook toshiba

Avatar

Widianto

June 22nd, 2007 at 11:32 am

Saya salah satu pemakai Toshiba yang bermasalah dengan DVD ROM nya sedangkan CD/VCD berjalan normal, kemudian saya kontak ke service Tohisba ke no yg tertera digaransi, dan si CS memberi tahu untuk dikirimkan laptopnya langsung ke Jkt, apa gak ada cabang Toshiba yang bisa memperbaiki di Bandung ?.

Saya cukup kecewa terhadap service Toshiba, perusahaan terbesar Toshiba tidak memilki cabang di kota Bandung yang bisa menservice.

Kemudian karena malas untuk dikirimkan ke Jakarta saya coba untuk membongkar sendiri dvd rom ternyata awal bongkar ada baut yang longgar sehingga saya coba untuk mengencangkan baut tersebut, ternyata dol… walah gak diapa2-in kok dol (curiga si mur tidak tertancap secara kuat) akhirnya saya coba untuk membuat lubang pada plat penyangga supaya si mur bisa masuk lebih dalam lagi.

Dalam pikiran saya kok se-professional Toshiba kerjanya seperti ini ? atau mungkin ada kesalahan disaat merakit ? saya tidak tahu.

Avatar

Okki MD

June 22nd, 2007 at 3:50 pm

Kok toshiba kaya gitu yah? untung aja punya saya bukan toshiba…..

nb: ada yang punya stiker atau emblem merek HP, Acer, Fujitsu atau lainnya gak?

Avatar

Emanuel Setio Dewo

July 17th, 2007 at 2:27 pm

Saya juga pernah pakai Toshiba. Ternyata sensor optis di CD/DVD-nya lemah. Sering sulit baca CD/DVD padahal di notebook lain bisa dibaca dengan lancar.

Salam kenal.

Avatar

Willy

August 4th, 2007 at 10:57 am

Salam kenal,

Saya pake laptop Toshiba A35-S159
Modem saya sekarang tidak bisa dial, dan kalo di query, tidak bisa open port
katanya kalo port uda dipake, saya coba ganti port dari port com1 ampe com256 tidak bisa juga,

Saya coba lagi install ulang windows XP SP2 kemudian langsung instalasi driver2nya lalu langsung test dial, ternyata tidak bisa, jadi ini bukanlah virus…
Di Device Manager semua normal aja, saya juga uda uninstall n install ulang lagi driver modemnya tapi tetap tidak bisa

Apakah bro punya solusi??

Saya uda surfing google ampe capek, dan terakhir memang tidak ada solusi dari mereka,
saya cek berulang kali ternyata modem toshiba dengan audio realtek AC97 sama2 menggunakan IRQ17, jadi saya disable Audio nya, tetapi tetap tidak bisa dipake modemnya..

Ujung2nya saya melihat ada forum bahasa inggris yang katanya sama seperti yang bro bilang pake kertas berlipat2, dan ampir semua dari mereka yang punya keluhan itu bisa bagus lagi modemnya…tapi saya tidak tau gimana caranya melipat2 kertas itu dan harus taruh dibagian mana di modemnya, trus apakah mesti dibongkar laptopnya?
apa2 saja yg mesti dibuka agar cepat menemukan modemnya?

Lalu kalo pake XP SP1 ato XP Professional lama ato Home Edition apakah kasusnya sama?
CD-ROM laptop saya ini uda payah kali bacanya…jadi kalo mau install ulang setengah mampus juga…

Biasanya kuinstall pake copot HDD laptopnya trus pake konverter ke kabel IDE, lalu install di komp biasa, baru kemudian pasang ke laptop utk install driver2nya…

Tapi kalo misalnya XP SP1 ato XP model lama bisa mengatasi masalah ini ya dengan senang hati pasti kuinstall…

Mohon bantuan bro n semua yg ada disini
Thanks banget ya…
Ini uda stress banget

Avatar

admin

August 24th, 2007 at 4:35 pm

Kemungkinan masalahnya berbeda, masalah yang saya hadapi adalah modem sama sekali tidak terdeteksi, tapi untuk melihat lokasi modem mudah2 gambar ini bisa membantu, kemungkinan posisi modem di notebook toshiba berbeda- beda

Avatar

Hadi

August 24th, 2007 at 5:01 pm

Mau ikut nimbrung, saya jadi khawatir dg laptop saya (Toshiba juga sih) masalahnya saya sering bawa laptop ke kantor, apakah kalo sering di bawa kemana-mana alias mobile bisa berakibat hal-hal seperti yg diungkapkan teman2 di atas. Atau dg kata lain laptop toshiba rentan dg guncangan. Mohon infonya, thanks

Avatar

admin

August 27th, 2007 at 11:31 am

Sebenarnya semua laptop dengan merek apapun rentan terhadap guncangan, meskipun pada saat produksi biasanya proses qc (quality control) laptop ditest terhadap guncangan dan benturan , tapi pasti resiko kerusakan terhadap guncangan pasti ada dan ini ditentukan oleh posisi benturan dan kekuatan goncangan dan benturannya seberapa keras. Jika laptop sering dibawa- bawa pasti resiko benturan akan lebih sering. Dan menurut saya, biasanya semakin kecil ukuran laptopnya resiko kerusakan terhadap goncangan dan benturan semakin besar.
Jika memang laptop itu selalu dibawa kemana-mana (mobile) ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

  1. Pastikan laptop dalam keadaan mati, jika menyala goncangan akan mempengaruhi harddisk (berpengaruh terhada head) dan komponen kecil lainya atau jika terpaksa pastikan status laptop dalam keadaan stand by dan posisi head diset keposisi yang aman
  2. Disarankan laptop dimasukan kedalam tas yg memiliki fasilitas tempat khusus laptop, lebih baik lagi tasnya tas ransel, jika tas standar (jinjing atau selndang) lebih sering mengalami goncangan yang lebih besar. Jika tasnya tas jinjing, pastikan resleting dalam keadaan tertutup dan ujung selendang terkait ke tas, saya punya pengalaman mengangkat tas berisi laptop tapi lupa resleting tidak dalam keadaan ditutup dan laptopnya ikut jatuh, dan ujung ikatan selendang putus karena jahitannya sudah terlepas. Biasanya tas selendang yang diberi ketika membeli, kualitasnya kurang bagus
  3. Jangan pernah menyisipkan barang yang keras ketempat bagian dimana laptop tersimpan, misalkan mouse, pensil, ballpoint atau barangyang lainnya
  4. Bawalah dengan hati-hati, hindari berjalan terlalu mepet ke tembok, apa lagi bersandar ke tembok dimana posisi tas jadi sandaran tubuh kita
  5. Jika dibawa saat naik motor bagusnya digendong
  6. Jika sedang dibawa dikendaraan pribadi bagusnya disimpan di bawah jok, dan jika dijok harus menggunakan sabuk pengaman :)
  7. Mungkin ada saran lain yang bisa ditambahkan, saran diatas saya tahu karena itu pengelaman-pengalaman saya selama punya notebook.

Avatar

rpb

September 10th, 2007 at 10:13 am

saya juga pake Toshiba Satellite A-50. Permasalahannya kurang lebih mirip. Sensor optik
di DVD rom-nya lemah. LCD tiba-tiba menghilang, terutama setelah saya mengaktifkan laptop setelah mode hibernate.

Avatar

rani

September 10th, 2007 at 8:23 pm

Ass.

Saya punya laptop second, baru saya gunakan selama + 2 bulan dengan merek toshiba tecra 1900. saya ingin menanyakan, mengapa tiba2 laptop saya itu ketika di hidupkan tidak bisa keluar gambar and tidak bisa masuk ke windows tetapi lampu indilkator yang ada di bawah menyala…
Apakah LCD laptop saya rusak atau hardisk saya yang rusak???

terima kasih

Avatar

admin

September 11th, 2007 at 8:58 am

yang harus diperhatikan pertama adalah pastikan terlebih dahulu lampu indikator yang mana yang menyala : power, batery atau harddisk? Untuk memeriksa harddisk, pastikan bahwa lampu indikator harddisk menyala dan berkedip biasanya kita juga akan mendengar suara harddisk yang menunjukan sedang bekerja. Ketika laptop dinyalakan, biasanya muncul tulisan dari bios atau logo, jika sama sekali tidak alias blank ada kemungkinan kabel yang menghubungkan ke lcd renggang atau terputus.

Saya punya pengalaman seperti ini pada notebook toshiba tipe satellite PIII, dan ini permasalahannya karena kabel yang menghubungkan dengan lcd renggang atau terputus.
Tapi jika renggang biasanya ketika laptop dihidupkan layar lcd terlihat gelap tapi jika posisi sedikit diubah2 posisi lipatannya akan sedikit terlihat samar2 tampilan windows yang menunjukan komputer masih bekerja.

Untuk memeriksaa harddisk, buka saja hardisknya masukan ke USB harddisk case, periksa dikomputer lain apakah masih terdeksi atau tidak.

Saran saya lebih baik periksakan laptop anda ke tempat service.

Avatar

tati

September 17th, 2007 at 3:22 pm

bagaimana cara memperbaiki notebook toshiba yang tidak mau hidup

Avatar

purwadi

September 19th, 2007 at 12:39 pm

laptop saya merk toshiba tecra 8100 masalahnya itu kalau dihidupkan tiba2 ngedrop sendiri? kalau kayak gitu permasalahannya saya harus gimana dan terjadi kerusakan di bagian apa?
tolong masukannya?

Avatar

respati

September 20th, 2007 at 3:26 am

wah padahal aku tertarik beli toshiba L40-a500 minggu depan. apasih laptop yang paling bagus? bingungggggggggggg……….

Avatar

admin

September 21st, 2007 at 4:02 pm

@tati : copot batrenya, terus tancapkan listriknya, mati gak? kalo masih mati mungkin colokannya atau adaptornya, kalo ada led indikator listrik menyala berarti listrik masih bisa masuk, kemungkinannya banyak bisa saja dari motherboardnya yang rusak, kalo sudah motherboardnya ya… saya kira diservice pun biayanya mungkin mahal.

@purwadi : mungkin batreinya pa.

@respati : kalo notebooknya masih baru, garansinya ada dan pakenya tidak sembarangan insyaAllah notebook bisa awet, tapi kalo second, garansinya gak ada dan pakenya sembarangan ya.. resikonya merek apapun yang dipake akan cepat rusak .

Avatar

Computer Maintenance Tips

October 2nd, 2007 at 11:01 am

Computer Maintenance Tips

I couldn’t understand some parts of this article, but it sounds interesting

Avatar

hanaphie

October 2nd, 2007 at 12:14 pm

dari pengalaman saya selama beberapa tahun bongkar notebook, umumnya untuk semua kasus toshiba menduduki peringkat pertama, kemudian acer, compaq, lalu dell.
itu untuk semua notebook yang masa pakainya 3-5 tahun.
sedangkan notebook baru masa pakai 1 tahun ke bawah peringkat pertama toshiba (kasus keyboard mati/ga normal) lalu axioo (sering blue screen & hang) baru acer.

pernah saya bandingkan suatu saat ambil 30 unit notebok toshiba, 30 unit notebook fujitsu, 10 unit mitsuishi, 30 unit notebook dell (semua kelas pentium 3).

dari beberapa merk tersebut semua terjual dengan menyisakan masing” 1 unit untuk sparepart.

dalam waktu 4 bulan toshiba kembali 11 unit (4 parah, 4 sedang 3 ringan)
mitsubishi kembali 2 unit rusak sedang
fujitsu kembali 7 unit rusak (sangat) ringan (speaker internal mati, tidak mengganggu kinerja notebook).
dell kembali 5 unit keluhan sekitar battre

Sekali lagi tentu saja tidak ada niat untuk menjatuhkan merk dalam hal ini, semua hanya berbagi pengalaman dari sekian banyak keluhan yang saya terima.

tips :
1.jangan samakan notebook dengan pc, artinya bagi yang kecanduan game (apalagi game berat) lebih baik beli pc, ato ttp pake notebook tapi terus monitor kondisinya terutama panas.
2. meskipun ada fasilitas stanby, lebih baik shutdown ketika benar” selesai digunakan
3. untuk pemakaian diatas 3 jam akan lebih baik jika dikasih cooling pad (hrg kisaran 100rb)

Avatar

willy

October 3rd, 2007 at 11:37 am

bro,
Mau nimbrung nanya soal LCD screen pada Toshiba laptop CDS 2520 (AMD pro), memang umur nya udah tua…5-6 tahun, tapi masih ok punya
Akhir2 ini LCD nya udah buram sekali, hampir ga bisa terbaca…
Ada solusi ? seperti nya LCD life time nya udah ampir mati ya/?
Trus, kalo mo masang external LCD, bagaimana ya cara nya? pakai koneksi yg mana ? maksud saya mau saya jumper kan dgn Toshib alaptop saya yg jenis lama CDT 4320 (?), apa kira2 bisa ya ??
Thank’s

Avatar

admin

October 3rd, 2007 at 1:25 pm

@hanaphie : terima kasih infonya, mudah2an bisa memperkaya info ini
@willy: wah saya gak bisa jawab, kayaknya hanaphie bise deh.

Avatar

Hadi

October 4th, 2007 at 2:04 am

Mau tanya lagi sekitar laptop Toshiba, pada option Power Plan Baterai ada 3 option. Yang mau saya tanyakan apakah benar jika kita memilih option HighPerformance dapat mengurangi usia pemakaian baterai, jika ya bagaimana cara mengatasinya ? Karena setelah saya menggunakan option ini dalam pemakaian baterai, laptop saya jadi bekerja lebih cepat dibanding dg option yg lainnya (Power Save dan Balance). Sebelumnya terima kasih Pak Admin atas jawaban pertanyaan sebelumnya. Thank’s

Avatar

Jansen

October 6th, 2007 at 6:55 pm

saya kepala service centre notebook multi brand apabila ada kerusakan pada notebook anda saya bisa memperbaiki dengan harga yang murah dan cepat… hubungi jansen di 0855-10-42705 atau flexi 021-709-42705 pada jam kerja . thxxx yach rekan2 sekalian

Avatar

Seth

October 9th, 2007 at 8:49 am

Saya ingin membeli notebook. Tertarik sama yang Satellite terbaru M200 dan A200. Mohon saran yang mana yang bagus yah. Atau mungkin karena pengalaman rekans akan lebih baik merk yang lain, tentu saja dengan kisaran harga sama. Terima kasih.

Avatar

Indriana

October 11th, 2007 at 11:21 am

Iya saya juga mau beli notebook ni… Minta saran dong.. Kisaran harga 5 jt – 10 jt gitu.. Karena terus terang saya agak gaptek… Tapi menurut teman2 kalo nyari yang udah Core Duo n Windows XP atau Vista gitu.. Saya sempat tertarik dengan Toshiba M200-A410.. Tapi setelah menimbang lagi..takut ada apa2…Saya tertarik dengan Acer.. Kira2 yang bagus yang mana ya…? Terima kasih sebelumnya

Avatar

Lead

October 24th, 2007 at 12:31 am

@indriana: kalau saya sih ragu dengan merek Taiwan. Lebih baik merek Jepang atau Amerika. Karena kebanyakan merek Taiwan hanya gembar-gembornya yang meriah, tapi kualitasnya tidak OK. Kualitas notebook pabrikan Jepang & Amerika pasti lebik bagus.

Avatar

gunawan

October 25th, 2007 at 11:08 am

mau tanya nih…laptop saya toshiba tecra m1, saat kondisi hidup tiba – tiba laptop saya tersiram oleh air minum dan langsung matot. laptop tersebut sata diamkan selama 2 hari dan saya hidupkan kembali…tapi tetap gak bisa hidup juga.
saya coba hidupkan tanpa baterei…indikator hidup (hijau)..setelah tomnol on saya tekan..indikator power jadi warna orange dan berkedip…kira2 apa yang rusak ya..? terima kasih sebelumnya..

Avatar

arie

October 26th, 2007 at 9:56 am

ada yang bisa bantu setting ulang wifi toshiba m 105 ga??
apa aja yang harus di install…(klo bisa step by step)..saya dah coba install pci mini driver/intel proset a/b/g) hotspot ke detect..tapi datanya cuman bisa sent aja..recieved nya 0….
tolong pencerahan nya dari akang2 skalian…
urgent boss…
MASALAH NYA MO DIPAKE SEMINAR MINGGU DEPAN……

TOLONG YA…

HATUR NUHUN…

Avatar

dika

October 29th, 2007 at 3:55 pm

salam it
saya minta tolong ada yang punya driver notebook satellite m200 untuk windows xp nggak
krn saya perlu banget karena anak saya nggak bs main edu game di notebook saya ……
tolong ya
thank’s

Avatar

Dikajus

October 30th, 2007 at 3:07 pm

Saya punya laptop toshiba type Portege A100 System Unit, saya beli pada tanggal 25 September 2005, tapi sudah 3 bulan yang lalu laptop saya bermasalah pada keyboardnya seolah-olah tombol ‘ctrl’ kepencet terus tapi bisa saya hilangkan dengan menekan ‘Fn+F1′ tapi setelah beberapa menit dia kembali error lagi.
Yang saya ingin tanyakan apa ada solusi untuk mengembalikan seperti semula (gak error lagi), saya juga udah sempet instal ulang windows tapi didos juga sempet error tapi untungnya simtem instalnya bisa otomatis tanpa teken tombol selain ‘Enter’
Kepada Admin Toshiba tolong konfirmasi balesan terhadap pertanyaan saya ini,

Thnk,

Dikajus

Avatar

riva

November 1st, 2007 at 5:10 pm

aq punya masalah ni dengan dvd room asus ku.
waktu aku mo burning dvd-r,dvd blanknya tidak bisa dibaca,padahal aku udah coba masukan dvd yang udah ada isinya,malah dibaca.begitu juga dengan cd-r/rw.
kenapa ya klo dvd blanknya malah tidak bisa dibaca oleh dvd room asus punyaku.

tolon dijawab ya.. klo ada yg tau dengan masalhku yg satu ini.jawabannya dikirim ke emailku saja anchu_yamani@yahoo.com.

thank’s sebelumnya.

Avatar

komink

November 2nd, 2007 at 9:30 am

Punya saya Satellite R10 lbh aneh lagi.. baru dua bulan beli speakernya udah mulai keresek2 trus 6 bulan berikutnya keyboardnya suka tidak respond dan 1 tahun kemudian baterenya mati total… benar2 menyebalkan produk satu ini…

Avatar

F38RI

November 12th, 2007 at 8:00 pm

Ass. wr. wb.
Toshiba A10 ane sekarang sangat lambat prosesnya padahal udah di tambah memorynya jadi 512. udah di format ulang tetap aja, juga nyari drivernya nih dimana

Avatar

Trie Dharmono S

November 22nd, 2007 at 3:38 pm

gmn caranya buka password terkunci dari BIOS ya?
thanks

Avatar

Dhany Putro

November 23rd, 2007 at 2:11 pm

ni aq da mslh neh, acer aspire 5572 ku tuh klo aq shutdown, layar LCD nya tuh ga lngsung hitam gitu, tapi masih ada sperti bayangan putihnya gitu (ato “nitik” katanya org2 servisan).
tuh knpa ya….??? please da yg bisa bantu kan???

Avatar

widayat

November 28th, 2007 at 2:09 am

Mau nanya,
Saya juga punya notebook toshiba tecra 9100, tapi permasalahannya mouse sering liar ( Jalan sendiri ) walaupun menggunkan Mouse usb,kejadian ini setelah 5 menit dinyalakan,kepada temen2 mungkin ada yang punya solusinya.

Avatar

admin

November 29th, 2007 at 3:33 pm

@Trie Dharmono : kayaknya sama dengan pc yaitu bios harus direset
@Dhany Putro : apa pake notebok nya sering nonstop ? atau dekat dengan daerah magnet?
@widayat : sudah coba check diseting control panel–> mouse, kalo masih masalah, saya pernah mengalami dengan notebook thosiba yang lama, biasanya control ke komponen mousenya terganggu mungkin ada arus pendek atau basah, coba ganti mouse, jika masih itu terjadi ada di dalam notebooknya.

Avatar

leciel

November 30th, 2007 at 7:07 am

kiRa-kira merk notebook yg bagus apa y?
yg krg lbh tdk trlalu rentan pada kerusakan..

Avatar

kurnia

November 30th, 2007 at 4:18 pm

Saya baru beli notebook Toshiba A 100, belum ada sebulan DVD drivenya sudah error, lemah sekali u/ membaca cd/ dvd, padahal di notebook lain lancar u/ membaca cd /dvd tersebut. Sebaiknya jangan beli notebook bermerk Toshiba sebelum anda kecewa.Ini bukan u/ menjatuhkan suatu merk tapi adalah karena fakta/ real fact…:-(

Avatar

rofiq siregar

December 3rd, 2007 at 7:51 pm

Lam kenal, gw user satellite m200-a410, nih ada tips moga2 guna:

1. supaya batere awet, tancapkan adaptor hanya kalo si laptop dah minta (muncul popup low battery ato critical battery)
2. setelah batere penuh, cabut adaptor dari laptop. jangan lupa cabut juga colokan adaptor dari sumber listrik (katanya adaptor yg tertancap terus menerus menambah efek global warming)
3. biasakan menekuk layar laptop separuh bagian hingga keyboard te “atapi” oleh layar apabila anda meninggalkan laptop. ini untuk mencegah keyboard kejatuhan partikel debu dari plafon ato “BAB” cicak/tokek (pengalaman pribadi,hehe)
4. meskipun tipis, jangan melapisi keyboard dengan kertas ketika melipat laptop
5. beri ruang pada cooler fan (dibawah) agar laptop ga gerah. meletakkan laptop diatas kasur/bantal/sofa emang asik, tapi akibatnya cooler fan laptop ga bisa menghirup udara segar
6. setelah shutdown, biarkan laptop kira2 10 detik barulah melipatnya. kata rekan teknisi untuk menghilangkan efek elektromagnet dari battere terhadap lcd
7. sebaiknya gunakan kain pembersih kacamata tuk membersihkan lcd (kalo blm punya, beli kacamata dulu)
8. meskipun barang mobile, sebisa mungkin hindari benturan. kalo naik motor gunakan ransel khusus laptop dan atur sedemikian rupa agar ransel dalam posisi “gendong” dan bukannya “duduk” di jok motor. emang sih, jadi agak berat, tapi meminmalkan resiko laptop terguncang kalo motor kejeduk lobang ato polisi tidur

udah ya, capeq,,, tengkiyu

Avatar

Dharmawan

December 7th, 2007 at 10:40 am

saya baru minggu lalu beli toshiba L40 trus saya nggak isa instal windows XP soalnya toshiba yang satu ini hanya menyarankan pakai windows vista yang alhasil kebanyakan software yang saya pake banyak yg gak compatible so please MTV pimp my Toshibaaaaa waaaa………….

Avatar

maskbudiarto

December 7th, 2007 at 9:36 pm

Saya pny Toshiba T2080 CoreDuo 1,73Ghz.eh..br 1mgg LCD blank,krn msh garansi sy kmbalikan u/ dibetulkan,ktnya conventernya terbakar,1bln dan skrg sdh hampir 2bln blm dtg jg tuh barang.sy komplain ktnya mau diganti dg merk baru.sy sih mau2 sj yg pnting spek sm.yg sy heran koq toshiba kwlitasnya jelek dan plyanan servisnya jg HOW..HOW…kcw bgt sy!mg2 pnglaman ini bs untuk dipertimbangkan dan diprhatikan lbh2 sm dealer Toshiba.tolong jaga kwlitas dan service krn merk toshiba sdh trkenal di msyrkat,jgn hny kuantitas tp kwalitas hrs dijaga!thx

Avatar

Bejo

December 17th, 2007 at 12:59 pm

waduh, thosiba kan terkenal merk berkelas. kok keluhan usernya begitu banyak dan seragam lagi. g jadi beli thosiba ni. Kalo compaq atau HP gimana?

Avatar

ares

December 18th, 2007 at 10:48 am

saya punya notebook toshiba 9100
yang mau saya tanyakan, di LCD saya ada bintik2 kecil hitam gitu, jadi kayaknya pixel bagian itu mati atau tidak munculin gambar.
ada solusinya gak, biar itu bisa hilang ???

Avatar

dee

December 18th, 2007 at 7:50 pm

katiwasan atuh…. gw udah telanjut beli L40 nie….. waaaa.. moga2 kaga ikut2an rusak…

Avatar

budi

December 20th, 2007 at 11:08 am

-note book saya merk NEC, dan masalh yg saya alami adalah monitornya tidak tampil/blank tp kira2 apanya?
- note book saya merek hp compaq m2000 layarnya buram
-note book merk m2000 layarnya geter tp klo di teken pd posisi dmnpun di lcdnya lcd tsbt normal kira2 apa ya masalahnya?

Avatar

rudi

December 21st, 2007 at 6:17 am

saya punya toshiba tecra 8100 PIII/600 Mhz
yang saya tanyakan,apakah kartu grafiknya bisa di upgrade

Avatar

admin

December 24th, 2007 at 10:34 am

@budi : m2000 anda mirip dengan notebook compaq temen saya, setelah di periksa katanya lcdnya gara2 terkena gelombang magnet yang terlalu tinggi, ujung2nya lcd harus diganti harganya nyampe 2jt an lebih, makanya hati2, jangan terlalu didekatkan ke peralaltan elektronik yang sedang menyala (termasuk handphone).

Avatar

aRieF

December 24th, 2007 at 9:52 pm

-aNe pake Toshiba M1, beberapa tombol keyboard gak fungsi kaya tombol ‘G’,’.’,’Q’,’S’,’Alt’, dan masih banyak deh..
-temen pake tecra beberapa bulan (second emang) batre 3 menit udah Low,,

**Yang penting toLong pada kasih tau bocoran tempat service Laptop Murah dan Gak Boongin di Jakarta.(aDmin banTu ye) sama no Telp juga.
Tengkyu..

Avatar

jon

December 28th, 2007 at 3:49 pm

bagaimana cara menghilangkan password bios pada toshiba m100, tidak bisa masuk standar bios

Avatar

Suryo

December 30th, 2007 at 10:57 am

waduh gile jg ye masalah2 laptop toshiba,tp gw dah trlanjur bli toshiba neh.
msalah yg gw adepin laptop gw tipe A135-S2276 pke OS Vista Home Basic pda saat starup tu lemotnya minta ampun pdhal program yg gw masukin gk bnyak, gmn dunk spya starupnya gk lma?mngkin ad yg pnya solusi.thanks
oh iya satu lagi bisa gk laptop gw pke OS XP aj spya nda lmot?klo bsa gmn dpetin driver utk XPnya.
Thanks 4 all

Avatar

reza

December 31st, 2007 at 5:33 am

haloo..mas. ni saya minta solusinya, laptop saya toshiba qosmio f20, kendalanya tampilan lcd nyangak mau tampil di mode normal, tp kalau di safe mode atau di vga mode bisa tampil, pernah saya coba recovery pikir saya mkn ada masalah di driver vganya tp tetep ngak mau, ap mkn vga onbord nya yang masalah… pleease hel me !!!!!

Avatar

Heru

January 5th, 2008 at 3:27 pm

Hallo Mas- Mas… Notebook gua Toshiba A10 satellite Pecah LCDnya (15 “) gua mau ganti tuh LCDnya dimana Ya gua harus beli ….. Terpaksa Gua sambungain ke monitor Biasa ….

Avatar

Jansen

January 5th, 2008 at 3:52 pm

halo rekan2 saya jansen saya menawarkan jasa bongkar bios password hanya 10 menit tanpa bongkar notebook bisa ditunggu multi brand ( tapi notebooknya harus dibawa dengan biaya hanya Rp. 200.000,- bisa hubungi di 08551042705 daerah mangga dua mall…. bagi teman2 yang sudah pernah service di saya silahkan mengirimkan commnet atau masukan ke head_of_division@yahoo.com

saya tunggu neh …. thx

Avatar

Jansen

January 5th, 2008 at 4:10 pm

mau dapet tambahan income join donk kesini plzzz htt://www.asiabersama.com/jansen

Avatar

Jarot

January 6th, 2008 at 7:41 am

Waduh2, byk juga ya punya masalah dengan laptop toshibanya. Sharing aja deh sekalian bantuin masalah post oleh Bung Suryo pada 30 Desember 2007.
Aku beli Laptop Toshiba A135-S2286 (hampir sama dengan punya bung Suryo) pada bulan Februari 2007, OS Windows Vista Home Basic.
Pernah gw tanya ke temen2 katanya kalo diinstall XP, sayang katanya, khan tampilan Vista bgs bro. Solusinya karena memori dari pabrik cuman 512MB, maka harus upgrade memori. Minimal jadi 1GB. Akhirnya lgsg gw beli aja memori 512MB atu lagi. wkt itu masih mahal bro 900rb, gila…..
Eh..setelah hidup ternyata emang bener cepet bgt, copy file misalkan ukurannya 1GB ke flashdisk butuh waktu cuman 55 detik. Wow…(untuk ukuran laptop). Tapi setelah gw install bermacam-macam software jadinya ya lemot juga coz byk bgt yg terinstall.
Masalah dari awal gw beli antara lain :
1. Terutama pada VGAnya. Maklum masih XPress 200M. Diinstall Vista lagi. Sering kalo muter film terutama yang ekst.AVI ato DIVX. langsung hang dan WMP 11 jadi error dan close program. Ternyata setelah update Vista dan VGA Drivernya masalah jadi beres. Sekarang kagak pernah hang.
2. Nah masalahnya saat update VGA Driver tidak bisa langsung instant. Gw kesitus ati.amd.com dan disuruh ke http://www.omegadrivers.net/ untuk bisa update VGA Driver terbaru. Nah problem solves.
3. Setelah beberapa bulan kagak ada masalah yg berarti paling juga pas maen game agak Hang sebentar juga jalan lagi (padahal memori udah 1GB). Saya beri ruang khusus dibawah supaya cooler fan pada bagian bawahnya dapet udara segar. Saranku beli aja cooling pad ato kalo mo murah ya beli aja triplek untuk tatakan laptop saat dipakai diatas kasur ato sofa.
4. nah sekarang ada masalah dengan DVD RWnya. saat ngeburn pas 6% trus lama bgt dan keluar error bahwa burn gagal. Saat gw liat DVD kepingnya udah kena tulisnya. Sialan ilang deh DVD kosong ampe 10 buah sia-sia. Karena kagak bisa dipake lagi. GW coba ke pc.support-toshiba.com. Ada masalah sama, n disuruh update firmwarenya.

Saran bagi bung Suryo :
1. Beli aja memori 1GB yang 200 pin PC-5300, coz Radeon Xpress 200M bisa support ampe PC-5300. Khan dapet deh memori total 1.5GB. Yang penting buat OS Vista seh katanya om microsoft dll harus memori besar,VGA nomer 2. Kalo masih bertahan dg memori 512MB, sama aja dengan procesor pentium 2 dikasih OS XP. Kagak kuku deh. Lagian sekarang memori 1GB murah kok kagak nyampe 500rban.
2. Tetap pertahankan Vistanya bro, masak udah tampilan ok, fiturnya gampang bgt. Mungkin bro belum terbiasa dengan Vista, pertama kali gw jg kagok ngadepinnya sekarang lancar2 aja. Malah gw skrg kagok ngadepin XP. Lagian OS Vista mahal bro hampir 30% harga notebook itu adalah harga untuk pembelian OEM OSnya (sialan). Asli lagi, setip gw colokin ke internet lgsg dapet update terbaru dr Om Bill Gates.
3. Beli colling pad buat kasih angin tambahan ke bawah bagian notebook. Kalo mahal ya beli aja tatakan minimal triplek murah kang.
4. Beli tas yang ransel, kmrn aku beli tas khusus laptop seharga 400rb, busa pelindungnya tebel bgt (hmpr 5cm), n ada tambahan pelindung dari air(kyk jas hujan yang nutupin ranselnya), bisa dijinjing atau model selendang
5. Colokin ke internet minimal 1 bulan sekali supaya dapat update terbaru dari microsoft, karena updatenya biasanya lgsg berjalan otomatis kalo ada hubungan dengan internet.
6. Sering2 backup data, kalo sewaktu-waktu rusak ya tinggal recovery pake CDnya, gampang bgt kagak usah ke tempat service bisa dilakukan sendiri kok (maap sekali lagi maap buat yang punya usaha servisan notebook, bukan maksud matiin pasaran biasanya karena masalah harga servis yg kadang2 sering “ngegetok”).
Itu saja sharingan saya. Hehehehe….. kalo masih ada masalah dg laptopnya ya LEMBIRU aja (Lempar ganti yang baru) REBES dah….
Thank u semua

Avatar

muhammad satar

January 8th, 2008 at 9:52 am

Mohon Bantuan teman-teman

Aku ada problem dengan notebok yang aku pake merk Toshiba seri Tecra L2-S022, jadi kalau teman punya DRIVER-nya mohon bantuannya dong, bisa dikirimin ke aku
thanks yah…

Avatar

amcoi

January 12th, 2008 at 10:28 pm

aku lebih lg ama tosh tec8100, pertama lcd blank lalu ada comment “upgrade bios”, aq bw ke bengkel katanya mb rusak kudu diperbaiki harganya 1,8 jt, trus sebulan kemudian gitu lagi, akhirnya tak kasih aja anakku yang umur 6 taon, jadi deh tu bocah mainin nb.

Avatar

mask

January 15th, 2008 at 9:55 pm

ada masukan nich:
mslhku tempo hr di blog ini jg,tgl07des07 alhmdllah sdh beres mskipun sdkit kcewa,tp mmng bawaan Toshiba T2080 Vista original smpat bngung jg,dibuang syang g dibuang byk driver2 yg g g support vista,serba repot khan……tp mmng hidup hrs mmlih,akhirnya solusinya dualboot,kl vista dipertahankan br install XP agak repot jg prosedurnya,jd aq buang dl vista orinya(dengan buerat ht)trs install XP br dualboot vista,bs koq mskipun vistanya bajakan gpp dech lmyan koq vista ULTIMATE,mslh garansi kan harwarenya bukan softwarenya…..eh mslh dtng trnyata dngan XP hrs install dl driver VGA ATI RADEON xpress 200M,mslh prtma trselesaikan dgn tmpilan gambar mantap!!!!!!!eh…ada lg mslh soundnya g kluar,tp nmnya usaha ada sj,innstall driver REALTEK beres!!!!!dan mslh trakhir MODEM+WIFI jg g support ke XP,tp bagiku g mslh kan msh bs pk Modem Handphone,kl WIFI ya sbar dl cr drivernya,toh dtmpatku msh jarang yg pk WIFI….NEXT LA YAWWWWW……hbs nyesel jg…ms aq bl laptop br g dpt driver2nya….kurang ajar tuh orangnya…ato mngkin dr Toshibanya??????tp aq g ykin….mmng sblm rusak dpt CD drivernya,tp wkt rusak dan garansinya blg diganti br,aq hrs mnyerahkan smua klengkapanya trmasuk CD drivernya.eh…giliran dpt ganti mlh g dpt CDnya….CAPEK DECH!!!!!!!tp skrng yg pnting bs untuk krj XP+VISTA BOOO Mantap bs inet,main game dll,dll.o iya bner tuh vista hrs di atas 1Gb memory nya,kl g ya LEMOT BRO!!!!murah koq laptopku aq upgrade dr 512MB smp 1,5GB dan super cpt Loading,install dll BOOOO…kmrin cm nambah 235Rb,aplg skrg mgkn dah turun lg(SO PASTI!!!).ada lg ht2 kl bl Bluetooth yg ada tulisan SUPPORT VISTA kl untk TOSHIBA blm tentu berlaku lho……soalnya tmpo hr aq cb bl…eh…CD Drivernya g kbaca sm DVD driver pnya toshiba,mmng TOSHIBA bnr2 di BUG BRO……prusahaan sbesar TOSHIBA mmng hrs pnya aturan main kyk gt,biar g gampang di bajak…ya walaupun ujung2nya aq jg kena batunya.ambil sisi baiknya buang jauh2 yg jelek….okey….NO COMPANY PERFECT,FRND….!!!!!so udah dl lah sharingnya mg2 bs buat masukan bg yg udah bl produk TOSHIBA beserta OSnya yg mmng khusus g bs di otak/ik sm sembarangan orang.Mg2 produk2 TOSHIBA kali ini g ada mslh2 lg.okey……thx for All

Avatar

ganar

January 16th, 2008 at 6:52 pm

mas tolong bantuin donk!
laptop ku toshiba saat dimasukin gambar atau video klip warnahna beruba jadi negativ.
padahal kalo aku masukin di komputer teman tuh gambar / video klip gada masalah.
please!!!

Avatar

sugianto

January 18th, 2008 at 1:39 am

Ikutan bagi permaslahan TOSHIBA
Saya salah satu pemakai Toshiba Satellite M105-S3004 yang bermasalah
1. Belum satu tahun batere udah kalah untungnya masih masa garansi jadi ada penggantian battery meskipun ngga make dulu laptop karena harus dikirim ke jakarta.
2.Ternyata sensor optis di CD/DVD-nya lemah. Sering sulit baca CD/DVD padahal di notebook lain bisa dibaca dengan lancar.
3. Sekarang ini keyboard nya bermasalah udah ngga bisa kepake lagi jadi terpaksa harus make keyboard external. Abisnya susah mas di Kota palu center service toshiba ngga ada. Ada yg bisa bantu ngga aku harus bisa beli dimana keybord nya.

salam kenal

Avatar

gazali

January 24th, 2008 at 12:48 pm

mau ikutan nimbrung nih
laptop toshiba satellite M200-A415D gimana menurut kaliaan ???
kasih masukan donk….. sebelum terlambat……

Avatar

admin

January 24th, 2008 at 2:41 pm

@ganar : display adapternya bermasalah, memory nya share gak dengan memmory vga nya?, ukurannya berapa? atau setting resolusidan warnanya salah.
@sugianto : jangankan dari palu yang dibandung aja sama harus ke jakarta. Mudah2 ada yang mau bisnis service notebook di kota palu.
@gazali : M200 , temen saya ada yang pake, umurnya sudah lebih 6 bulanan , sejauh ini baik baik saja. yang penting pakenya janagan zorox mas, notebook semahal apapun kalo penggunaan dan perawatannya kurang baik pasti akan lebih cepet rusak. Atau ada yang sudah mengeluhkan produk m200?

Avatar

dody

January 24th, 2008 at 10:13 pm

sya rncnanya mw beli notebook toshiba nech tp msh ragu apa toshiba masih ttap merk teratas……….pliz sarannya donk

Avatar

admin

January 25th, 2008 at 9:22 am

Saya pernah lihat di surat kabar, di indonesia sekarang yang teratas dari penjualan adalah acer. Tapi bukan berarti kualitas acer lebih bagus. Promosi acer dan penawaran acer memang jauh lebih murah dibandingkan beberapa
notebook pesaing seperti toshiba, hp dan compaq yang sama-sama ikut perang harga. Saya lihat beberapa bulan terakhir ini toshiba juga mulai mengikuti para pesaingnya dengan memasang harga yang bersaing. Meskipun
di artikel ini banyak yang memberikan pendapat keluhan tentang notebook toshiba, bukan berarti para pengguna notebook merk lain tidak ada keluhan.

Avatar

sad

January 25th, 2008 at 6:25 pm

Saya mau nimbrung nih .., saya mau beli notebook, awal nya mau pilih Compaq atau HP, tapi di Compac atau HP tersebut ada connector (Expansion Port-3), kata nya buat docking gitu (tambah port), tapi setelah saya search di internet, harga untuk Expansion Port-3 itu ternyata sangat mahal sekali(di atas $ 1000), dan setelah saya tanya2 nggak ada yg jual. Jadi saya pikir itu connector (port) tidak akan berguna (berlebih), dan lagian saya cari2 (search) di google dealer/pengimport resmi Compaq/HP untuk Indonesia nggak ketemu. Juga beberapa kali saya tanya itu sama mbak2/mas2 penjual, HP nya HP BM atau PI(Parallel Import), saya jadi ragu beli Comapq atau HP.
Akhir nya saya menjatuh kan pilihan pada Toshiba,M200-P434 pada dealer resmi (authorized utk indonesia), saya dp 2 hari lalu, tadi mau saya ambil. Tapi .. ini pada saat install win vista, pas pada saat layar nya dominan putih (agak lama), saya perhatikan (juga sama temen), ada yg agak aneh di LCD nya bagian kiri bawah, beda sendiri dari area2 yang lain. Saya complain ke petugas/penjual nya, kata mereka (lebih dari 1 orang), ” oo .. ini gloomy pak(saya cari di-kamus: gloomy=suram, muram), artinya di LCD nya ada area yg buram,=cacat “. Akhir nya niat saya pakai M200-P434 untuk sementara tertunda. Kata penjual nya , saya di suruh tunggu 1 minggu, katanya barang itu mau dikembalikan dulu ke Jakarta (supplier utama mungkin), akan di ganti dengan barang yang lain (tentunya dengan type yang sama).
Saya nggak tahu, ini pertanda apa, pertanda baik atau buruk. Kata mas penjual nya sendiri “untung bapak teliti”. Saya jawab, maka nya “maka nya saya ngajak temen (untuk ikut memeriksa kondisi barang)”. Batin saya .., ya jelas kita mesti teliti buat barang seperti toshiba M200-P434.

Demikian dari saya .. permisi…lain kali saya akan ikut nimbrung lagi.

Avatar

sad

January 25th, 2008 at 6:28 pm

maaf .. tadi ada ralat sedkit kata “(di atas $ 1000) ” seharus nya “(di atas $ 100) ”

tks

Avatar

dheny

January 30th, 2008 at 1:51 pm

maaf nih…. numpang nanya, da yang tahu driver ATI RAdeon Xpress 200m untuk win XP. soalnya aq dah buntu mau cari kemana…. ke situs AMD…
http://ati.amd.com/support/driver.html
g’ ketemu…..

Da solusi g’, biar laptop q 3D-nya bisa jalan….
Klo ada yang ketemu bagi2 ya di dheny.tlt@gmail.com
Sebelumnya, Matur Nuwun Dulur…..

Avatar

maskbudiarto

January 31st, 2008 at 9:57 pm

untuk mas dheny sy ada tp sy jauh banget di mataram,sy jg barusan copy cd driver ati radeon xpress200M pny laptop dell,krn laptop toshiba sy jg pk ATI tsb,kl vista g ada mslh tp utk XP pk RADEON OMEGA DRIVERS FOR WINDOWS 2k/XP V3.8.421.sy jg prnh mrasakan bingungnya cr2 driver tsb,tp untungnya tmn ada mau bntu.ato cb cr driver pny toshiba yg khusus os XP sj,krn kl os bawaannya vista g support ke XP.sy sdh prnh cb g bs.ok deh sy doakan dpt scpatnya.krn VGA ATI tuh keren untuk game dll dibanding yg lain.

Avatar

mocca

January 31st, 2008 at 11:20 pm

wah2….padahal saya mau beli toshiba atau acer. kalo banyak komplain gitu, laptop merk apa & tipe apa yang kuat & kecil (14″ atau lebih kecil)?
soalnya saya butuh laptop buat sekolah diluar kota dalam bulan ini.
mohon bantuannya, terima kasih

Avatar

indah

February 1st, 2008 at 2:32 pm

minggu2 ini aku mau beli toshiba m200 p434.
tu laptop bagus gak sih?
ato ada yang tau yang lebih bagus lagi apaan??

Avatar

maskbudiarto

February 4th, 2008 at 6:05 pm

smua laptop pada dasarnya sama,kl mnrt sy beli laptop yg sbagian bsr org byk pk,trmsuk toshiba bolehlah….kl kerusakan2 ya trgantung juga pmkaian dan perwatan,krn barang mobile spt laptop tuh rentan skali dgn kerusakan mknya bc btul2 ato tny2 bgmn mrawat laptop spy awet.kl merk selain toshiba jg byk koq yg mngalami kerusakan2,nmnya jg buatan manusia apa itu baru ato bekas….jd hrs hati2 deh…kl mau laptop yg keren+os mumpuni ya bl sj MACBOOK (yg terbaru MACBOOK AIR) tp hrgnya selangit…kbetulan sy juga pny…bukan promo lho!!!!tp kl dana mepet pingin laptop ya lokal2 sj AXIOO jg lumayan koq murah kwlitas jg lmyan bgus.ya…disesuaikan sm isi kantong deh….kl mslh bgus trgantung kt istilah jawa ONO REGO ONO RUPO….mksudnya kl hrg mhal biasanya kwalitas jg sbanding alias bagus.kl mslh ukuran monitor/display biasanya kl besar boros battery,tp kl lbh kcil ya irit,tp konskwensinya layar kcil mata hrs melotot2 dan yg hoby game kurang pas lbh baik layar bsr,yg layar besar jg bgitu bwaannya agak ribet krn trllu bsr.jd itu dulu deh masukan dr sy…krn kbetulan sy tahu smua sy pnya toshiba 15″ dan MACBOOK 13,3″.smua pny kelebihan dan kekurangan.ok smoga bs mmbantu bagi yg mau bl laptop…………JOOSSSS BROOOOOOOOOO>>>>

Avatar

Lilis Yr.

February 6th, 2008 at 1:50 am

Rencana mau beli notebook, jd ngeri dah kalo bgt?
Trus bgaimana solusinya? Notebook yang bandel?
Tolong dunk infonya bagi pembaca?

Avatar

yovi mazalianto

February 6th, 2008 at 10:08 am

ada yang bisa bantu???? (mohon dibantu), u/ laptop vga bisa diganti atau upgrade dgn yg lain tdk? bagaimana caranya mengganti atau meng-upgrade VGA?
thanks

Avatar

iman

February 7th, 2008 at 10:39 pm

gw mau install ulang laptop gw satellite m100 karena kena virus.. tapi ga ada drivernya ilang entah kmana.. bisa ngedapetinnya dmana ya??

Avatar

Rudy Hartono

February 13th, 2008 at 10:38 am

Mau tanya, Oom. Notebook saya Toshiba M50. Saya beli tahun 2006. Kemaren listrik di kantor saya voltasenya nggak stabil. Nggak tahu ada hubungannya apa enggak, kok kalo ditancepin ke listrik seolah-olah baterenya nggak mau ngisi. Padahal saya paling disiplin kalo soal batere. Kalo udah full pasti saya cabut dari kabel listrik. Batere saya lepas, bisa. Tapi terpaksa langsung ke listrik. Pertanyaan: Apakah batere saya drop gara2 listrik mati kemaren? Kalo karena listrik, kenapa bukan adaptornya yang kena? Mohon pencerahan, Mas. Terima kasih.

Avatar

admin

February 14th, 2008 at 10:52 am

@iman : coba cari di website toshiba pasti ada
@rudy : kemungkinan ada dua batre drop atau soket batre ke notebook longgar, coba pinjem batre sejenis (tapi beresiko sih), kalo kasusnya sama berarti soket batre bermasalah, tapi kalo baik2 aja batrenya yang bermasalah.

Avatar

Chandra

February 18th, 2008 at 5:42 pm

saya pemakai thosiba type a200-e510 baru pake 6 bulan dan jarang pakai lcd udah rusak ada garis kuning gitu, untung masih garansi jadi ga keluar biaya, diganti dengan lcd yg baru.
saya mau nanya nih, sory kalo salah tempat.
thosiba ini saya ini kan aslinya pake window vista, terus saya ganti pake xp yg bajakan, masalahnya driver vga nya itu ga cocok ama xp, soalnya cocok untuk window vista aja. ada yg punya ga driver vga untuk thosiba a200-e510 ini.
kalo ga pake driver ini vga nya cm 8mb yg diambil dari memory, tp waktu pake vista vganya 64 yang diambil dr memory. tolong yang ada drivernya minta di share. thank you..

Avatar

Fi3

February 20th, 2008 at 4:02 pm

Saya pemakai thosiba satelit P4 udah make hampir 4 tahunan lah, kemaren tba-tba aja mati kalau lg dioperaskan dlm beberapa mnit,udah d format ulang tp ttp aja gak bs dioperasikan.apa benar itu ad hubungannya dg prosesor yg udh soak berhubung udh lm make? apa msti diganti? tlong ya klu ada solusi yang efektif. makasih

Avatar

admin

February 21st, 2008 at 8:43 am

@Fi3 : kalo mati mendadak berarti ada masalah dengan power suplynya, coba periksa batrenya, atau adaptornya.
@Chandra:coba di http://eu.computers.toshiba-europe.com

Avatar

Orang Dalam

February 24th, 2008 at 11:37 am

Salam, ada yang tau cara nginstal Win XP di Toshiba L40? Soalnya kalo di install Win Vista gak stabil, dikasi Win Me… DVD gak detek. Tapi kalo Mandriva One oke-oke saja… help!

Avatar

har

February 24th, 2008 at 8:19 pm

temen2, mungkin ada yg bisa bantu, mo instal ulang tabletpc portege m200 coz os na eror, hibah dari kakak, nah yg jadi kendala, g cm dikasih dvdrom ext merk LG dan ternyata denger pny denger kalo mo boot cd recovery hrs pake cdrom se merk ma toshiba, trs dicoba d tes pake LG, beneran ga bisa, ada yg punya ide ga hrs gmn? sdgkan g tlp ke toshiba service center, tuk recovery laptop lumayan mhl jg tuh biayana 220rb, padahal cm kerjaan bbrp menit, cd lengkap dari g .. ato ada yg berbaik hati mo pinjemin cd rom nya, kalo perlu g sewa d .. mohon bimbingan nya, terima kasih
har di bogor

Avatar

dewand

March 1st, 2008 at 9:32 pm

Saya pemakai Satellite A105-S4344, 2 hari yang lalu pas ujan gede, kebasahan laptop nya. Sempet blank layar nya pas dinyalain. Trus ngikutin saran temen, batre dilepas n dikeringin pake hair dryer n seharian di kipasin pake kipas angin. besok nya dinyalain , ternyata dah normal kembali seperti semula. yang jadi masalah sekarang ga bisa di cas. charger n batere normal karena masih bisa dipakai, sepertinya connector chargernya yang bermasalah. Mohon pencerahan n solusi nya..thanks

Avatar

naseer

March 5th, 2008 at 11:34 am

bos2 semua..
ane pake a135 4488,
nah tu daya tahan batre nya mang cm 1 jam ya?

trus ane juga punya masyala ne,
ga bisa konek ke jaringan lo,
kira2 knapa ya..?
di kntor kan komp nya konek internet,
tp tanpa IP address di tiap komp,
nah pas colok kabel, workgroup jg uda ane samakan, tp tetep ga mau share..

n ga mau konek internet…

have solution bos2?

Avatar

Fireman

March 17th, 2008 at 10:07 am

halo…semuaaaaa….
tuooolong dong gimana caranye memanage batery krn untuk sekarang batereku droooooop -dari 15 mnit udah low…( toshiba Satellite M50) bila mmg udah jebol berape harganye and bila ade kabaren duooonk….plzzzzzz…tp sebelumnya thanks…ya ( eh gw Dapet Hadiah ndak…?)

Avatar

Hok

March 17th, 2008 at 7:45 pm

Ternyata banyak juga yang mengalami masalah yang sama. Toshiba yang dapat dikatakan pioner laptop sejak 486 ternyata akhir2 ini banyak masalah. Tecra S1 saya, yang beli 15 juta, yang juga merupakan jajaran pimpinan laptop toshiba waktu itu (baca:flagship), akhirnya 1 tahun udah rusak motherboard. Untung masih garansi, langsung normal. Abis itu dua tahun lagi kumat, tapi kali ini lebih sudah, karena toshiba mungkir garansi. Dan harga MB nya = 6 juta, harga ini = harga bekas tecra S1 yg fully functional. akhir e setelah sempat jadi sampah setahun, laku dijual 750 rebu tanpa mem dan hdd. Benar-benar ujung tombak (baca:flagship) kok gitu :((. Menurut tukang servis, semua tecra S series (s1, s2, s3 – s5) mengalami masalah yang sama. Memory VGA pada motherboard. Itulah sebabnya tecra S3 keatas tidak dijual di Indonesia, karena masalah itu tadi. Detailnya –> http://hokgiarto.blogspot.com/2006/10/toshiba-tecra-s1.html

Avatar

Hok

March 17th, 2008 at 7:56 pm

Disisi lain, saya baru baru beli Portege 2000 bekas di singapore. Udah nyala berbulan2 + jatuh 1x dari ketinggian 2 M, sementara ini baik2 aja……ya hogi2an deh. Temen saya ada yg beli Satellite M35 yang baterainya drop juga. Ada lagi yang beli portege lupa tipenya, baru 15 jutaan, juga baterai drop dan toshiba gak mau ganti….. memang hogi2an deh…..

Avatar

eming

March 18th, 2008 at 11:48 am

halooo semua toloooooooong dong
bantuin gw! saya pemakai axioo baru 10 bulan lansung rusak lcd tidak mau menyala dan keyboard tidak berfungsi(ditandai lampu indikator CapsLock tidak hidup)tetapi lampu power menyala dan kipas berputar, jadi pleaaaaaaaaaaaasssssssssssssssssss bantuin gw donnnnnnnng kira2 apa penyebabnya!!!

Avatar

hi

March 18th, 2008 at 2:30 pm

gw br beli toshiba L40…wi fi nya rusak…kata orang service ga ke deteksi drivernya kemungkinan wifi cardnya rusak…gmane dunk…duit gw abisss…n masih bnyak masalah selain itu

Avatar

ryp

March 23rd, 2008 at 12:32 am

mau nanya ni….bisa g nambah vga buat laptop….coz qpengin laptopku bisa buat gaming…caranya gimana??denger2 ada produk asus XG station buat nambahin vga eksternal??berapa harganya n di mana bisa kubeli…aku ni di semarang….

Avatar

FIA

March 23rd, 2008 at 9:08 pm

BANTUIN CARI DRIVER MODEM SATELLITE M205 S7453 UNTUK XP “OS ASLI VISTA KARENA ADA BEBEPA PROGRAM YNG GAK SUPPORT TERPAKSA TURUN KE XP; UUDAH PAKE XP SP2 YANG DIRVER UDAH GW KOMPILASI; TINGGAL INSTAL GAK PERLU INSTAL DRIVER LAGI KALO DI NPC EH DRIVER MODEM GAK KETEMU BISA BANTU GAK?
BTW UDAH 2 TH MAKE SATELLITE M55 KEMARIN KENA INVERTERNYA (LCD BLANK TAPI PROSES BERJALAN) KRENA :
1. KALO LAGI KERJA SEBAIKNYA TIDAK DICOLOK KELISTRIK; KLAUPUN MAKSA DICOLOK KELISTRIK LEWAT UPS ATAU STABILISER BAR AGAK ADA ARUS KEJUT
2. PAKE COOLING FAN SUPAYA GAK CEPAT PANAS
3. SELAMA MOBILE PAKE TAS YANG TEPAT (SARAN TAS RANSEL KHUSU LAPTOP) PENGALANAN JATUH BEBERAPA KALI DARI ATAS MEJA KANTOR KONDISI MASEH OKE CM KEMARIN INVERTER KENA KARENA NYALA SEMALAM AND LISTRIK MATI DANTIBA2 NYALA DAN ADA LONJAKAN ARUS LISTRIK

Avatar

admin

March 26th, 2008 at 9:04 am

@hi : beli wifi usb saja
@FIA : untuk mencari driver thosiba coba cari di sini
http://eu.computers.toshiba-europe.com/cgi-bin/ToshibaCSG/download_drivers_bios.jsp
mudah-mudahan ada

Avatar

tomsetz

March 27th, 2008 at 11:26 am

Waah… semuanya pada TOSHIBA minded. Jangan melihat barang dari mereknya. Buktinya, kebanyakan yang yang kompalin rusak adalah pemakai notebook toshiba. Kalo saya sendiri pake notebook “made in Indonesia”, Zyrex. Sampe saat ini tidak ada masalah yang berat, kalopun rusak hanya kabel yang longgar, ato kadang hang kalo fan mati, itu semua pun karena laptop terlalu sering kena goncangan maklum tiap hari naik motor, aku taro di belakang (di dalam boks)…

So…. what about you….? (kayak iklan vario aja…)

Avatar

knock22

April 1st, 2008 at 3:31 pm

hi there…
aku pake HP NX6120. Sinar layar LCDnya sering mati sendiri. Kejadiannya sudah berlangsung lama, tetapi pernah ‘sembuh’ sendiri. Nah akhir2 ini sudah sulit untuk menyala. Kira-kira ada masalah apa ya dengan laptopku? Kalo masalah penggunaan aku rasa sudah diperlakukan dengan baik. Sebenarnya kalo diterawang masih kelihatan (sangat samar2).

Tolong solusinya yah… Thx in advanced.

Avatar

admin

April 2nd, 2008 at 1:33 pm

@knock22 : permasalahan itu pernah saya alami, jadi terkadang layar lcd meredup dan lama kelamaan LCDnya menjadi gelap. Permasalahan pertama ada pada listrik dan batrei, jika kita gunakan notebook dan batre sedang tidak di charge, layar akan meredup dan terkadang berkedip2 perlahan2 menjadi gelap. Disini terlihat bahwa kebutuhan daya listrik yang dibutuhkan lcd kurang dikarenakan daya batrei yang tidak maksimal. Permasalahn kedua adalah jalur kabel yang melalui daerah engsel lcd dengan body mulai bermasalah dan renggang, arus listrik dari body ke lcd berkurang dan akan terasa ketika batrei tidak sedang di charge. Ada solusi temporary, coba gerakan layar lcd anda ke atas dan kebawah beberapa kali (seperti gerakan membuka dan menutup notebook tapi posisi tidak langsung benanr2 tertutup atau terbuka). Gerakan ini akan membuat perubahan posisi kabel menjadi lebih merapat dan aliran listrik akan lebih lancar, sehingga layar lcd kembali normal dalam waktu yang cukup lama selama notebook masih nyala. Hal ini harus selalu diulang ketika layar lcd mulai berkedip atau hilang.
Kesimpulannya : Bawa ke service center dan pastikan kabel pada daerah engsel lcd dan body diperbaiki.

Avatar

dafi

April 5th, 2008 at 6:54 am

gimana cara menginstal xp pro di laptop dell 1420 series, soalnya waktu selesai cheking setup muncul pesan harus di hubungkan hardisk ke hardware. terus muncul key F3=quit, kok bisa gtu? padahal baru laptopnya, atau harus ada di setting lagi ya di bios?

Avatar

epi

April 8th, 2008 at 1:12 pm

saya punya laptop toshiba tecra 9100 tapi cd recoverynya hilang bisa mohon bantuan teman-teman supaya saya bisa mendapatkan cd recoverynya. Plz your attention, thx anyway

Avatar

Asa

April 10th, 2008 at 2:14 pm

Dear Guys,

Di suatu pagi notebook saya memunculkan tulisan windows file corrupt dan mesti di repair dengan original cd …

masalahnya saya mau install ulang windows xp pro tapi cd driver original saya sudah hilang.. dimana saya bisa mendapatkan nya yah>? ada yang jual? dimana jualnya? berapa?

ada yg bisa bantu?

spek notebook: Toshiba Satellite M105 S322

contact me please…. asapandia@yahoo.com 0813 2299 2165

Avatar

meig_lucky

April 11th, 2008 at 3:26 pm

aduh, jadi bingung….
ini baru toshiba, blm merek yang laennya.jadi takut beli laptop nih, padahal udah ada rencana beli. trus2 kira2 kalo kaya gini what should I do guys?!!

ngomong2 soal AXIOO, sbenernya tertarik, tapi sedikit takut…. katax “dlm negeri” yah? rawan gak sihh??? berhubung “low budget”, Q tertarik ma AXIOO yang sharga 6 juta (dah core duo) aja setara ama merk2 terkenal yang produknya dipatok dgn harga 7 juta.

tapi…. BEDANYA CORE DUO ama DUAL CORE and CORE2DUO apasih? mohon dijelasin dong….. trus2 kalo celeron itu istilah pentium 3 – nya di laptop ya, bener gak??

thx
meig_lucky

Avatar

arka

April 11th, 2008 at 6:19 pm

Laptop toshiba L40-N502 produk gagal, saya baru pakai kurang dari 1 bulan udah K.O harddisknya…payaahh

Avatar

Ganna

April 12th, 2008 at 4:39 pm

teman-teman para suhu laptop

Ane punya laptop Toshiba Satelite seri M35X-S329(Centrino 1.6 Ghz,memori 512 mb).
ada sesuatu yg aneh pada laptop ane. laptop ane akan hang(white screen) setelah masuk ke windows normal,tapi tidak terjadi hang kalo masuk lewat safe mode.

ane udah coba delete partisi,lalu ane buat partisi baru trus dinstall ulang windows enterprise edition.tapi hasilnya sama aja, tetep hang(white screen) kalo udah masuk ke windows.
Tapi anehnya,kalo ane pake muter film, baik lewat DVD rom maupun lewat harddisk,tu laptop g bakal hang/white screen meskipun seharian dipake nyetel film,tapi ketika tu film habis ,langsung deh hang/white screen.Semua driver udah terinstal dengan sempurna.

tolong donk teman” gimana cara ngatasinnya.
makasih ya

Avatar

al-v

April 14th, 2008 at 10:30 pm

guys, gw liat temen2 gw kalo pake laptop en dicolok kabel selalu lepas baterai. katanya biar baterainya ga cepet soak. bener ga seh? ada tips biar baterai ga cepet soak ga? gw pake laptop dell inspiron 1420.
Oh ya, gw liat banyak juga orang indo yang beli toshiba dan acer padahal dii luar negeri toshiba dan acer ga gt diminati, apalagi buat “power user”. selain cepet rusak, performancenya juga sangat2 kurang, terutama acer. Kalo sekedar buat buka mail, ms.office en program2 ringan, acer dan toshiba ok lah….tapi masih “don’t worth” karna harganya mahal. gw rasa dell dibanding ma acer, masi lebi murah dell deh, lagian performance dell lebi bagus, cuman keyboard sedikit keras en casingnya kurang menarik

Avatar

Tanto

April 15th, 2008 at 5:07 am

Toshiba Tecra L2 S022 saya kalau dibuka dan ditutup bunyi seperti pintu tua, craaak, criet,.. ernyata engsel sebelah kanan tidak beres. Dibawa ke service, katanya salah satu ciri/kelemahan Tecra L2-S022 ya diengselnya? weee,…ada yg punya saran?

Avatar

tri

April 17th, 2008 at 11:15 am

kalo gue dell d600 cuma ringan rusaknya dan download langsung ketemu bila ada kerusakan. Untuk teman2 gunakan Fan USB agar awet notebooknya.

Avatar

tri

April 17th, 2008 at 11:39 am

“Ganna says:

Ane punya laptop Toshiba Satelite seri M35X-S329(Centrino 1.6 Ghz,memori 512 mb).”

coba membantu: gunakan windows yang boottable, sebelumnya pindahkan semua data lalu format (NTFS) lewat windows kalo mau partisi bagi 2 atau lebih satu u/ sistem (drive c:) dan sektor 0 format versi linux agar aman bila terjadi kerusakan dikemudian hari. Bila ini kurang / tidak mau gunakan “Registry Mechanic” dan cek di Task Manager > process, pilih yang di End Process

Avatar

masdan

April 17th, 2008 at 2:04 pm

aku baru aja nerima dua buah bangke note book toshiba, yaitu tecra 8100 dan tecra 8200.
setelah melakukan berbagai upaya akhirnya 8100 berhasil di operasikan kembali, buuuuuut….. bagaimana dengan nasib 8200?
death…
tanpa hardisk, memory, keyboard, and dvd room.
pliiizz everyone, nyari sparepart yang beginian lumayan sulit..
can u help me..?
thanks..

Avatar

herpan

April 20th, 2008 at 3:41 am

saya mau nanya buat teman-teman yang bisa bantu saya..
kasus laptop axcio saya LCD nya kok tiba-tiba gelap sekali
kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana solusinya.
makasi sebelumnya.

Avatar

Atang

April 21st, 2008 at 11:41 am

Aku lagi pusing banget nih?????????? Toshiba A60 milikku lagi rusak parah. Layarnya sudah 5 bulan ini bergaris-garis (ada 10 garis), trus udah gitu DVD ROM nya lelet banget. Kadang bisa baca, kadang lama bahkan gak bisa baca sama sekali (padahal di PC malah bisa). Yang terakhir n bikin pusing, keyboardnya error (cursor bergerak terus : ke atas, bawah, kiri, kanan) seringnya karakter huruf muncul, seperti tertekan terus. Ada yang tau gak, dimana tempat service yang bagus dan bisa dipercaya (tidak ngakalin) ? Tolong dong…….

Avatar

Andi

April 22nd, 2008 at 1:50 pm

saya pemilik laptop TOSHIBA QOSMIO F30 mendapati masalah VGA rusak, bergaris-garis, ga bisa masuk window >> hanya bisa save mode only (save mode pun bergaris2 hijau)

saya tanyakan dengan pihak toshiba bahwa VGA memang rusak (VGA onboard)

Jika mengganti mainboard biaya diperkirakan 9jt >> sama saja beli baru donkz >, garansi abis jalan hampir 2 tahun

dijual dalam keadaan rusak / di reparasi manual ato gmn.. pusing

mohon bantuannya… terimakasih ….

Avatar

HINDI

April 22nd, 2008 at 11:55 pm

Pengalaman saya dlm serrvice maupun melihat temen yg punya seri toshiba A-60. Seri ini kayanya seri bermasalah. LCD tiba2 bisa BLANK, HDD tau2 rusak. Ini kasus udah ada beberapa kali lho dikota saya. Yg terahir, ketika temen mo tancap adaptor (keadaan ON) eh… tau2 meledussss… mainboardnya.. Ta cek, memang terbakar beberapa komponen. SARAN SAYA, JGN PAKE TOSHIBA…. YG LAEN AJA. Toshiba udah ga bisa dipegang lg QC nya, ga kaya jaman P3 dulu. Soalnya udah MADE IN CHINA!!!! Kota banyak peng-ASPALNYA. Klo saya menyarankan minimum pake ACER. Ada dana lebih cari DELL ato IBM. Thx

Avatar

Herry Nahdiat

April 24th, 2008 at 10:02 pm

Saya pengguna laptop toshiba dan saat ini saya menggunakan laptop toshiba Satelite A-105 dan kerusakan sama seperti yg di uraikan teman2 diatas. kerusakan saya adalah :
1. Speakernya tiba-tiba tdk bisa bunyi lahi
2. DVD sudah tdk bisa membaca lagi padahal VCD nya masih berfungsi dengan baik

Avatar

dian

April 26th, 2008 at 10:08 am

Saya mau sharing juga neh, barusan laptop bos saya tiba2 bunyi ngiiingg gt langsung mati. LCD mati tombol power ttp hidup tp ga bs diapa2in. Pake Toshiba M35 belinya tahun 2005, service jg harus dikirim ke JAkarta, susah banget kan msh tambah ongkos kirim. Setelah dideteksi ternyata yg kena motherboardnya, disuruh ganti seharga 3,5 juta dah gitu katanya LCD nya jg ada garis horizontal nya dan kalo ganti sekitar 7,5 juta…. alamakkkkkkkk….. mo ganti sparepartnya mahal, mo dibuang sayang enaknya diapain ya??? Dijual apa adanya aja bisa ga? Bener tuh mosok Toshiba yg udah terkenal gt ga ada service center di kota2 lain seh, yang bener aja.

Avatar

Mas Djoko

April 27th, 2008 at 9:50 am

Saya juga pusing nih ama produk Toshiba, saya punya P3 Tecra 8100 P3 800, beli seken baru 6 bulanan, tiba tiba layarnya mgkn vganya error (masih mau hidup, tp tamplian layar sperti kayak vga rusak). Ada yg bisa bantu ngak nih.oh ya baterenya juga kuat 10 menit doang.

Avatar

komang

April 28th, 2008 at 3:15 pm

Rif bisa bantu ga, gue punya laptop compaq presario v3000 core 2 duo 2 gHz. Maunya install xp prof sp2 tapi hdd satanya ga kedetect gmn caranya? atao barangkali bisa bantu delphi berapa yang support vista home basic. thanks alot

Avatar

admin

April 28th, 2008 at 5:41 pm

@komang:ada aplikasi khusus yang bisa menarik installasi winxp menjadi image sehingga seolah2 installasi dah cocok, nanti saya cara pakar installasi namanya bang erwin coba cek di http://erwin.unpad.ac.id

Avatar

bobby

April 29th, 2008 at 10:00 am

Ass, saya dijambi, notebook saya acer aspire3628NWXCI bios nya ter password, mohon bantuan rekan2 semua gimana caranya membuka kembali. Please kontak ke elhunizar@gmail.com, makasih sebelumnya…

Avatar

bobby

April 29th, 2008 at 10:04 am

Ass, saya dijambi, notebook saya acer aspire3628NWXCI bios nya ter password, mohon bantuan rekan2 semua gimana caranya membuka kembali. Please kontak ke elhusnizar@gmail.com, makasih sebelumnya…

Avatar

Falee

April 30th, 2008 at 12:55 am

waduh, tadi nglht ada yg complain toshiba portege A100, tp ga kecari lagi, yg posting dec 2007…
anyway, saya juga pake toshiba, semuanya portege, krn saya ‘rakus’ warranty nya yg 3 tahun, jd kalo yg posting dec 2007 tentang toshiba portege A100 nya, kyknya masi ada masa warranty kalo belinya tahun 2007. international warranty. klo bisa sih bawa ke toshiba singapore, jangan yg di jakarta deh, udah pernah nyoba, malah dikenain biaya restore recovery disc. kurang ajar emang toshiba sini, pdhal kgk ada yg rusak, saya kan masi gaptek dulunya. eh, wkt toshiba recall ntah apa, saya pas ke singapore, saya bawa ke toshiba sana, diganti tanpa biaya apapun dan saya tanya knp saya kena charge dari toshiba indonesia? kt mereka, harusnya nggak yah, apalg cuman recovering, harusnya saya kerjakan sdiri tanpa harus bawa ke toshiba. saya bilg saya ga bisa dan ga tau wkt itu, kena biaya install ulang dari toshiba indonesia. sjk itu, apapun itu, saya selalu bawa ke toshiba s’pore klo emang pas lagi mo ke sana, ga sengaja bawain ke sana, mahal atuh tiket pesawat. tp kalo emang mo dibawa ke toshiba indonesia, pastikan semua masi dlm masa warranty, dan tanya sejelas”nya. kebanyakan customer servicenya suka diam aja, kyk dokter, klo ditanya apa penyakitnya malah masem, kyk ga suka gitu, pdhal kita beli pake duit toh laptop kita, bukan nyolong dari toshiba, tp yah servicenya jelek banget toshiba indonesia, sejelek tampang teknisinya yg sok nya minta dihajar org sekampung…hehe…serius…
bnyk yg saya baca di sini, pd jadi ragu ama toshiba yah? tp ga apa sih, namanya alat elektronik, ga rusak kan ga beli baru…hehehe… ga abis beli malah, keluaran baru melulu, jd bingung milih yg mana toh. klo saya sih emang milih fungsi dan garansi. ga begitu peduli dgn bentuk paling gres…tp baru 3 minggu lalu beli sony vaio tz38gn, yg udah pake flash memory, ga pake harddisk lagi. ringan nya….tp belum begitu mahir pake vista. suka karna tipis amir…belinya di s’pore juga, krn di indo ga ada yg pake flash memory, seri tz indo masi harddisk semua, ponakan ku punya vaio cr, alamak, lambatnya…harus diapain yah biar cpt gitu. saya ga begitu ngerti memory berapa. apa ngaruh memory dan kecepatan? ada yg bisa kasi penjelasan ke saya yg gaptek ini? hehe…klo emang ngaruh, saya mo bantu dia tambahin memory, beneran lambat banget sampe rasanya bulukan nunggu masuk ke aplikasi…kasian aja. tapi mahal ga yah tambah memory? takutnya salah. yah, klo langsung ke sony pasti di’ketok’…apakah bisa ke toko” komputer yg independent utk nambah memory? tolong yah kalo ada yg baca ini, minta nasehat dan wejangannya…hehe…
makasih dulu sebelum dan sesudahnya udah sempet”in baca posting saya…

Avatar

Falee

April 30th, 2008 at 12:58 am

ohya, btw, ktnya hingga saat ini, utk komputer/laptop, paling bagus IBM yah, tangguh banget, tp lah, kok masi ancient sih secara penampilannya. setidaknya yang masi kuno pun ga sekuno IBM loh…??? tp yah mungkin krn IBM lebih ke fungsi yah drpd penampilan. bener ga sih ato saya yg sok tau? hehe…

Avatar

andi nugroho

May 11th, 2008 at 5:40 pm

saya pernah berkerja di service center toshiba selama 7 th dan service center acer selma 1 tahun. mungkin ada yang bisa saya perbantukan untuk rekan rekan yang mempunyai kesulitan dgn notebook. please call me in 021-92001413 andu

Avatar

nazar

May 12th, 2008 at 10:34 pm

untuk consultasi note book Toshiba, Ibm.coba hubungi kami “Cempaka Compuserv ……

FREE….LHO…

Avatar

nazar

May 12th, 2008 at 10:35 pm

call 021 93595123

Avatar

asud

May 15th, 2008 at 3:49 am

Lagi pada ngomongin Toshiba ya ?
Eh, bdway install XP di Satellite L200 ribet banget ya…
Udah dari vendor gak dikasih external-floppy…
Driver SATA-nya itu loh, yang bikin ‘begadang-mumet’ !
Yang kebayang sih baru dua:
- Copy driver SATA ke disket yg dibikin bootable
- Install pake XP Black Edition, soalnya ud dcoba pke XP Pro SP3, gag mauuu!
ada yang mau nambahin ?
Thanks ya…

Avatar

deddy R

May 17th, 2008 at 9:17 am

Haloo bozz…

Gw sama banget ama kalian.
gw baru beli toshiba m 200 2 bulan yang lalu.
dari awal beli, gw udah menemukan banyak masalah..
1. Optiknya lemah banget, banyak dvd+vdc yang ngak kedetect..
2. Vganya error, masa buka program lagu ama ngetik aja ngak narik.. laguna jadi putus-putus… padahal ram 1,5 giga+core 2 duo.
3. suka mati tiba-tiba, padahal lagi ngetik tuh+bateray nya masih full..

Gw udah bawa ke service center di jakarta kira-kira 3 minggu setelah beli, katanya kan garansi tuh.. Eh sewaktu gw nrutarain masalahnya.. mereka ngak ngasi solusi cuma bilang install ulang aja vistanya.. tapi harus bayar 200 ribu.. GILA gw kecewa banget ama pelayanan service center Toshiba..

** Gw punya problem sekarang semoga ada yang bisa bantu…
Gw mau install Xp nih (dual booting), tapi sewaktu di jalanin cd nya kok HDD gw ngak kedetect yach??
pesannya “THERE NO HDD PLUG ON YOUR PC..” jadi gw ngak bisa ngeinstal XP. Ada solusi ngak.. please yach..

Avatar

worldcustom

May 21st, 2008 at 11:09 am

@ deddy R

mau sedikit membantu..

sebetulnya untuk DVD/CD di M200 itu bukanlah karena opticalnya,
tetapi compatibilitas driver pendukungnya.
saat ini windows vista masih tergolong baru, sama seperti XP jaman dulu, yang masih banyak bug disana-sini..

untuk lagu terputus2 apabila memakai winamp, coba buka general preferencesnya, set priority classnya ke high atau realtime.

windows vista emang ok punya, tapi berat cuy, kalau license oem vista punya mas deddy adalah business, bisa didowngrade ke XP Pro [bukan masalah tekhnis yaa.. hanya masalah license aja :) ]

karena system pada HDD M200 menggunakan SATA [diatas 80Gb]
maka saat instalasi membutuhkan driver SATA, coba deh di googling dulu,
soalnya saya lupa web untuk driver tersebut.

caranya:
copy driver tersebut pada USB atau USB disket,
tancapkan pada USB drive.
masukkan CD win xp, boot melalui CD [tekan tombol C pada saat logo toshiba keluar atau dengan menekan tobol F12 untuk boot menu]

lanjutkan instalasi, saat ada tulisan bla..bla..bla Press F6 for scsi driver [or apalah] langsung tekan F6, lanjutkan instalasi..

nanti windows akan menanyakan dimana driver tersebut.. nah tinggal tunjukin dimana driver tadi anda simpan..

semoga membantu :)

Avatar

worldcustom

May 21st, 2008 at 11:11 am

nambahin…

kalo ga salah untuk instal ulang M200
gak perlu ke vendor deh…

backup data, restart..
saat muncul tulisan toshiba tekan tombol “0″ [NOL]

ikuti petunjuknya deh :D

Avatar

Reza mahendra

May 21st, 2008 at 11:46 pm

Bos,ane punya masalah neh..laptop gw toshiba tecra 8100 700mhz. Gejala awalnya..Xp sp2 nya error.dah d instal ulang,oke.tp bru sehari error lg.. Ngk bs louding ke Xp nya..dist A error,berarti hardist jebol. Sehari/dua hari d biarin aja, coba d hidupin msh bs keluar d monitor tulisan Toshibanya,dan masih bs masuk ke bios. Tp seminggu hbs itu gw coba d ON kan lg, ngk hidup-hidup nyampe skarang..matot..smentara batere msh bs ngecas.tolong dong gmana solusinya. Apa gara2 hardist rusak bs mengakibatkan matot(mati total)sedangkan laptopnya dh lama ngk di hidupin.

Avatar

Clark

May 22nd, 2008 at 10:26 am

aq br beli notebook toshiba A215-s5818 LCDnya bermasalah. layarnya ngeblur terang bgt. aq cek di settingan contrastnya gak ada perubahan. aq minta tuker ke tokonya, n barangnya baru dateng seminggu kemudian,,,

baru beli udah ky gini,,,

aq pilih Toshiba A215-s5818 lantaran specnya yang ok (AMD Turion64 X2 TL-60 2,0 GHz, DDR2 2,0 GB, HD 160 GB, Windows Vista Home Premium) dengan harga yang miring (6,5 jt)…

Avatar

Jansen

May 22nd, 2008 at 9:23 pm

alow rekan-rekan , saya ingin menawarkan jasa service laptop dan maintanance service PC plus plus untuk informasi hubungi Jansen 021-70942705.

Special :
1. Buka password bios ( any brand ) Harga Rp. 250rb- Rp.400rb
2. Buka Password WIndows tanpa Format. Harga Rp. 100.00-Rp. 200.000
3. Upgrade Driver windows Vista ( Anybrand ) Harga Rp. 200.000-Rp. 300.000
4. Downgrade Driver Windows XP ( Anybrand )Harga Rp. 200.000-Rp.300.000

Tidak terima Install Software Bajakan

SHow room :

GLOBAL IT
Harcomas Lt.dasar No.37-38
Jakarta
Jansen 021-709-42705

Avatar

eddy_joss

May 24th, 2008 at 8:30 pm

Mohon info dari admin atau temen2 yag lain, apa benar kalo Toshiba yang serinya ganjil misalnya A135, U305, dst… itu bukan produk resmi toshiba jadi ga dapat garansi resmi, terus kalau ada Toshiba yang pake prosesor selain intel misalnya AMD Athlon itu juga ga resmi ?
Thanks b4!

Avatar

venom

May 26th, 2008 at 2:46 pm

waduh,,komersil banget yg diatas hehehe maap…
buka password bios kan cuma cabut batere BIOS trus pasang lage..
password windows juga bisa dgn boot n repair
upgrade mah pake key masalah lisensi upgrade – downgrade kan tergantu license key

maap,cuma mau nambah ilmu yg laen,,abis harganya mahal banget,,kasian ^^

i-am-venom.blogspot.com

Avatar

deddy R

May 26th, 2008 at 3:19 pm

thank to # 123 worldcustom

thank udah mau bantu…
mau tny nih…
dimana cari driver yang compatible ama opticnya… tolong kasi tau dung,..!!! gw pusing, masa baca data yang gw burn dari optic itu juga kaga bisa..

vista gw home edition boz.. jd gmana dung??

“system pada HDD M200 menggunakan SATA [diatas 80Gb]
maka saat instalasi membutuhkan driver SATA, coba deh di googling dulu,.”

sori nih gaptek.. driver apaan nih (yang mana nih)…??? yang mau di googling.. key word nya apaan..

and klo udah inget tmp alamatnya tolong di kasi tau gw boz..
THANK BANYAK2

Avatar

hanaphie

May 27th, 2008 at 8:22 am

buat 124 reza mahendra :

tecra 8100 masuk dalam daftar blacklist buat saya, kasusnya terlalu banyak & punya penyakit turunan;

1. Layar tiba-tiba gelap ; disebabkan oleh neon (ccfl backlight lcd) mati atau inverter mati (sirkuit ini mensuplai tegangan buat neon agar bisa nyala). Untuk inverter menduduki peringkat pertama penyakit toshiba tecra8100.

2. Peringkat kedua sama seperti kasus punya kamu, matot. Mungkin ciri-cirinya bisa kamu cek, saat dicharge lampu indikator normal (kuning>kosong….hijau>full). Tapi saat tombol power on diaktifkan, laptop ga mau nyala, yang keluar hanya nyala LED orange blink (kedip-kedip).
Untuk kasus ini coba kamu angkat keyboardnya, lalu lihat dibawah keyboard tersebut (deket konektor flexible keyboard) ada konektor batre CMOS. Kebanyakan batre CMO untuk toshiba P3 adalah dari tipe NiMh, dan untuk usia seangkatan 8100 pada bocor. Kalo konektor tersebut sudah penuh dengan cairan warna biru/kehijauan, tipis harapan kembali. Karena korosi yang diakibatkan kebocoran cairan kimia batre tersebut merusak jalur motherboard hingga layer yang dalam.

3. Peringkat ketiga adalah blue screen (yang ini sering jadi gejala awal kambuhnya penyakit 8100). Kalo laptop uda mulai sering blue screen, cepet cek memorinya. Kebanyakan kasus adalah slot memori sudah lemah, hingga perlu dikasih “bantal” diatasnya. Dan kalo suda mulai pake bantal maka umurnya juga mulai menghitung mundur, jangan sering kena goncangan, kalo hang jangan cepet-cepet dimatikan paksa (berakibat blinking).

buat 122 worldcustom ;
pengen nambahi dikit kalo boleh. Memang untuk instalasi driver sata biasanya installer akan meminta lokasi penyimpanan driver sata tersebut, namun setahu saya (kalo blom berubah) dia hanya akan menunjuk ke floppy drive A. Jadi meskipun kita punya driver SATA dalam flashdisk juga ga jamin bisa berhasil menginstallnya.
Untuk install pada disk SATA ada 2 cara;
1. Masuk BIOS, ubah PATA mode menjadi kompatibel IDE (kalo BIOSnya support, masalahnya ga semua ada support untuk ini)
2. Buat sendiri master installer windows XP, bisa googling pake keyword “install windows XP tanpa disket” atau remastering windows XP terserah.

128n venom,
Setuju :)
tapi ga semudah itu, kalo untuk dektop memang tinggal cabut batre CMOS atau jumper clear CMOS maka masalah password selesai. Untuk notebook ada beberapa yang membutuhkan software reset BIOS dari vendornya (misalnya IBM, Toshiba).
juga ntuk password windows ga cukup dengan repair, kecuali level passwordnya adalah user bukan admin. Tapi,………ada tool yang bisa buat buka password ini lewat dos, bahkan kita bisa mengganti password tanpa harus masuk ke sistemnya.
untuk upgrade/downgrade DRIVER ga ada masalah lisensi, yang ada kalo upgrade/downgrade SISTEM.

Tapi tetap saja akur sama Venom nih, pasalnya kalo kita mo kreatip dikit kita bisa dapat tool buat buka password cmos / sistem dari internet. Upgrade driver juga ada di internet, tinggal cari website resmi dari produsen, pilih support teru………sss cari sendiri lah, gitu aja kok :)
Buat yang males nyari drivernya, boleh lah minta tolong om Jansen, cuman kalo didaerah saya ga sampe segitu mahalnya.

Kalo ada yang mo tuker pengalaman, boleh lwt email dah (tanya bang admin). Karena ilmu kita akan cepet berkembang biak kalo kita sharing, bukan dijual.

makacih bang ADMIN,

Avatar

abiehakim

May 27th, 2008 at 11:05 am

Kalau maslah pada laptop toshiba, kunjungi aja toshiba-europe, lalu pada pilihan negara, jangan pilih indonesia. Pilih aja negara2 eropa atau amerika. Saya punya pengalaman waktu mau install modem satellite m30, ketika saya pilih indonesia, dibilangnya kosong atau gak tersedia. Pas saya pilih canada, eh alhamdulillah malah bisa tuh dan gak ada masalah.

Avatar

Joe

May 27th, 2008 at 11:22 am

TOSHIBA emang bagus selama itu barang resmi bukan BM (black market), itu bisa di check dikartu garansinya yg resmi ada stiker hologram “aneka infokom tekindo”. saya sdh lama kerja di toko yg jual berbagai merk notebook, dan sdh saya pelajari type2 apa aja yg sering bermasalah dan ternyata yg bukan garansi resmi dan tidak beredar di indonesia itu yg penyakitnya aneh2, mungkin barang refurbish alias rekondisi.

Avatar

Reza mahendra

May 27th, 2008 at 10:38 pm

Trimakasih atas saranya buat bos hanaphie..sya akan coba.bos admin..minta almat email bos hanaphie dong..prlu bngt neh..

Avatar

hanaphie

May 28th, 2008 at 10:01 am

om Joe bener banget, notebook yang resmi (bukan BM ato refurbish) emang lebih aman dipake karena :
1. Ada garansi resmi dari vendornya (meskipun buat klaim garansi bisa makan waktu 2 minggu ampe 2bulan).
2. Notebook yang resmi dan ada stikernya pasti udah melewati serangkaian QC yang cermat dari produsennya.
3. Notebook yng resmi biasanya sparepartnya lebih mudah didapat

tapi kalo boleh tau, om Joe bisa jamin ga kalo notebook sekelas 8100 itu masih diproduksi oleh produsennya, dalam jangka 2tahun pemakaian merk+tipe mana yang paling banyak mengalami trouble.

Kalo bisa om Joe kasih tau lah, tipe-tipe apa saja yang masuk dalam daftar BM, ciri-cirinya & apa saja lah. Yang penting bisa buat pegangan kita-kita yang mau cari notebook. kan om Joe dah lama kerja di toko notebook :)

saya pny pengalaman, tapi jangan dipake pegangan yach :) sekedar sharing saja, menurut saya laptop merk terkenal (Acer, Toshiba, Dell, IBM dll) tapi yang harganya dibawah 6jt. buat saya seringkali meragukan.

Mungkin mereka sengaja memproduksi tipe dengan harga itu untuk menghadapi pesaingnya dari merk-merk baru yang banyak bermunculan dengan harga “miring”? Gimana om

Avatar

Reza mahendra

May 30th, 2008 at 8:42 pm

Bos hanapie.mau nanya lagi,jgn kapok ya.. NB tecra udah sya bongkar,menurut saran bos hanapie.. Dah sya lihat batre yg bos maksud itu,tp kyaknya oke”saja tu.. Soalnya batre yg bos maksud.. Di sambungi lgsung pake kabel..dan batrenya d tutupin isolasi,jd ngk mungkin bocor.. Dan konektor dr kenop on/off msh bagus..yg sya bingungin bos, klo on,lmpu indikator powerny ngk nyala.. Jd sperti arus dr batre/dsmbungin arus listrik jg ngk masuk.. Mungkin ada sekring/regulator ny yg rusak jd ngk ada arus yg msuk ke menbortny. Mohon bantuan bos hanapie..saran bos sangat berharga bg sya.. Mungkin bs krim ke email sy..(reza_3cell@yahoo.com)
thank..bos amind..dan rekan”smua..krna saran/kritikanya sangat brharga bg kami yg msh bau kencur.

Avatar

kevin

May 31st, 2008 at 11:13 pm

sebetulnya saya dari dulu yakin bahwa notebook brand TOSHIBA itu awet n perfect kondisinya. tapi baru 1 bulan saya beli TOSHIBA SATELLITE M200. timbul masalah: ga bisa baca memory card…, DVD nya baca pilih pilih padahal jarang saya gunakan, kamera yang bener2 kualitasnya kurang banged jika dibandingkan dengan kamera notebook lain beresolusi sama..!!!!. trus pihak TOSHIBA menggembar gembarkan soal notebook nya yang berkualitas dengan speaker HARMAN/KARDON. tapi apa bagusnya coba, ketika saya setel ke mode powerful, malah bassnya BAM–BAM….. sama sekali terdengar seperti suara pecah. kalo treble emang oke dibanding ALTEC LANSING. saya mau tanya apakah notebook TOSHIBA layar LCD nya tidak seterang SONY atau DELL yah… sepertinya gela banged… ternyata setelah saya cek PIHAK TOSHIBA memakaikan monitor SAMSUNG… bukannya samsung termasuk unggul dalam bidang layar?? memang baterai TOSHIBA itu di bawah standar… cuma tahan 1 jam 44 menit di awal pembelian…. sekarang baru 5 bulan aja udah 1 setengah jam udah minta direcharge…….!!!!!!!

TOSHIBA…. saya berharap pihak produsen bisa memperbaiki produk ini dengan kualitas yang sebanding dengan harganya….OK??? kawan2 saya mau tanya sebenarnya ada gunanya gak kalo menggunakan cooling pad di ruangan berAC???

Avatar

hanaphie

June 3rd, 2008 at 11:45 am

#135

kalo batre cmos (yang dimaksud, posisi disamping dvdrom) langsung nancep ke mainboard tanpa konektor, itu berarti dulu dah pernah bocor, lalu karena konektornya rusak terus disambung langsung ke mainboardnya pake solder.

Batre cmos yang ini kalo bocor biasanya lewat kabel, konektor, sampe ke mainboard. Ciri”nya kabel batre jadi berubah warna hitam dan mengeras, sehingga tidak bisa lagi disolder.

Untuk fuse, coba dicek saat kondisi charger dihubungkan lampu indikator menyala apa nggak. Kalo lampu indikator sama sekali tidak menyala, cek fuse deket konektor input charger.

Lampu indikator menyala, tapi saat ditekan switch on berubah jadi blinking orange > fuse normal, kemungkinan tidak ada fuse yang putus. Tapi lebih disebabkan batre cmos bocor dan merusak jalur mainboard, atau tidak ada kebocoran tetapi dioda & Q power lemah / bocor sehingga tegangan drop (misal : seharusnya 3,3volt jadi hanya keluar 1,2 volt).

Coba dulu tes tegangan masukan dan keluaran pada masing” titik, nanti akan ketahuan kalo ada fuse yang putus

Avatar

Reza mahendra

June 4th, 2008 at 4:55 pm

Thank bos hanaphie. Gini bos,saat chager..indikatorny menyala.. Swit on kan. Indikator powernya sama kali ngk nyala,atau berkedip-kedip,sperti yg bos maksud.. Oke bos sya cba cek..fuse yg bos maksud itu, Thank bngeee..t bos,ntar sy ksi th prkembngan terbarunya.

Avatar

Reza mahendra

June 4th, 2008 at 5:02 pm

Thank bos hanaphie. Gini bos,saat chager..indikatorny menyala.. Swit di on kan. Indikator powernya sama kali ngk nyala,atau berkedip-kedip orange,sperti yg bos maksud.. Oke bos sya cba cek..fuse yg bos maksud itu, Thank bngeee..t bos,ntar sy ksi th prkembngan terbarunya.

Avatar

agri

June 7th, 2008 at 1:09 am

nie Q mw sharing aja..
Q juga mW bli laptop..gila aja..masak ada laptop selengkap toshiba..dengan harga miring pula..cuman 6jutaan..kalo ga salah,A-215..itu uda pake amd turion,HD 200gB,ram 2gB.,pake ati radeon pula..itu beneran ga siE..?Qdapet informasi juga..klo barang itu BM..?..?
hufh..padahal,Q mau bli tu barang..abis,perfect banget,untuk ukuran mahasiswa sprti aQ..
gmn..?..?

Avatar

fikri

June 9th, 2008 at 3:10 pm

saya juga pakai toshiba sattelite 2410, yg sekarang baru rusak,di lcd nggak ada cahayanya,saya bingung nih mau di apaain nih,kata tukang servis harus ganti lcd yg harganya minta ampun mahalnya,mungkin rekan-2 punya masalah yg sama,dan punya solusinya. terima kasih sebelumnya,

salam fikri.

Avatar

ibnu

June 9th, 2008 at 3:32 pm

berapa harga mother board toshiba satelite m 35x ?lcd saya tidak ada gambarnya mungkinkah ic nya yang rusak.saya tinggal di malang dimana service terdekat ? thanks

Avatar

hanaphie

June 10th, 2008 at 9:39 am

# agri 140

Toshiba A215-S7437
AMD Turion 64 X2 Dual Core TL-58 1,90GHz
memory 2 GB
hardisk 200 GB
ATI Radeon X1200 128 -319MB
Card Reader -Fire Wire- Express Card
wifi-LAN-modem
Vista Home Basic
15.4” WXGA Trubrite
DVDRW
Rp.6.300.125,-

knapa murah?
karena (mungkin) :
pake processor AMD (typical lebih murah dibanding processor intel pada spesifikasi clockspeed yang sama) + pemakaian layar 15″ (dijamin kalo mau dibawa” pasti bikin pundak pegel) :(
elain itu, komponen di dlm laptop bermacam” dan ada berbagai produsen yang membuatnya (tentu harganya ga sama).
misalnya, LCD panel ada bermacam merk dari samsung, LG Philips, AU Optronics dll.
masuk akal kan kalo kemudian ada toshiba yang murah ? :)

yang ditawarkan ke kamu itu bkan BM (kalo speknya sama / mirip dengan yang diatas)

pengen tau itu BM apa bukan?
cari referensi harga pasar, kalo ada selisih sampe 1jt lebih dari harga yang ditawarkan sama kamu, itu pasti barang ga bener :)

# fikri 141

LCD ga ada cahaya :
1. ga ada cahaya, tapi kalo dicermati ada gambar meskipun gelap banget
—–> masalah pada sistem pencahayaan latar terganggu, bisa neon mati (+-120rb) atau sirkuit pengendali neon yang bermasalah (350-500rb)
2. ga ada cahaya & ga ada gambar meskipun dicermati betul
—–> LCD panel mati (800rb-2,4jt tergantung size+type+merk), kalo ga salah toshiba 2410 pake layar 14″ (800rb-1,25jt)
tentunya masih ditambah biaya servis sesuai tarif di tempat kamu :)

# ibnu 142

motherboard laptop sekelas P4 kisaran 2jt-2,5jt atau lebih untuk kelas yang lebih tinggi.
LCD ga ada gambarnya, sma spt kasus punya Fikri, blm tentu motherboard yang mati. Coba laptop dihubungkan dengan monitor biasa, kemudian dinyalakan. Kalo bisa tampil berarti kerusakan ada pada LCD panelnya

Avatar

venom

June 10th, 2008 at 10:52 am

all mo tanya nih
kan skrg ak gy sering pake laptop lebih dari seharian (24 jm ++)
ga kepanasan sih,,AC dingin + cooling pad berkualitas..
cuma masalahnya stiker” yg nempel dibawah laptop such as hologram n barcode luntur…
kalo garansi masi bisa ga yh?

Avatar

aldix

June 10th, 2008 at 7:17 pm

mo nanya nih gw punya laptop toshiba L 40 Intel Core 2 Duo ram 1 gb.Os Win xp sp 2.semua berjalan normal ktika boting maupun saat pemakanya permasalahannya tibul bila kabel powernya di cabut.ketika manggunakan tenaga batre sering hang trus booting berulang 2 kira2 masalahnya dimana plis banget dah pusing gw cari solusinya.

Avatar

admin

June 11th, 2008 at 3:29 pm

@venom:maksudnya stiker yang luntur itu stiker garansi ? kalo pertanyaannya apakah garansinya masih berlaku, itu jawabannya bisa ya bisa tidak, ini dialami oleh temansaya terkadang tim teknis tidak mempermasalahkan itu yang penting ada kartu garansinya, namun ada juga yang mempermasalahkan hal tersebut, tinggal pinter-pinter anda bagai mana menyampaikan permasalahannya.
@aldix: cek baterenya mungkin tidak terpasang dengan baik dengan notebook, mungkin renggang, atau ada penyangga yang patah.

Avatar

jimmy

June 13th, 2008 at 6:43 pm

mau tanya nih para pakar computer
saya punya notebook toshiba QOSMIO F10/2WLDEW
layar nya tiba 2 jadi kotak2 begitu, suara nya sih ada
kebetulan aku ada di jepang ,jadi dibawa ke service centre nya toshiba
begitu di chek kata nya kerusakan pada grafik nya
kalo mau di betulin kena biaya 70,000 yen
karena kemahalan ,aku gak jadi betulin
kebetulan emang aku mau pulang indo
mungkin betulin di indo bisa lebih murah
bisa kasih solusi dan refrensi nya
makasih sebelum nya

Avatar

tresna

June 20th, 2008 at 6:53 pm

boss mau nnanya ni

gw pake vista terus instal hardware( scan/print/fotocopy..hp)..nah scannya ga bisa..terus gw uninstal lewat contorl panel..eh mlah hang,,sistem c: ilang..waduhh ribet de..mana ada document di C: punya Boss lagi..gmn itu boss..mkasiy

Avatar

hari

June 23rd, 2008 at 1:11 am

gw baru beli laptop toshiba L310-N4105 seminggu yang lalu (15-06-2008),,nah gw heran knapa tau2 ada bintiknya diLCDnya. Kata kawan gw itu namanya death pixel.nah masa LCD ga kna apa tau2 ada death pixelnya,,yang gw heran knapa dealer resmi bs menjual laptop yang ada krusakannya.seharusnya mereka bertanggung jawab atas produk yg mereka jual,,insya allah besok gw mw mengajukan klaim ke tokonya,,kira2 mereka mw ga ya bertanggung jawab ga yah,,klo misalnya ga mw yaaaaaaaaa mw ga mw ngirim surat pembaca ke media cetak,,yah berharap mereka bisa segera ngambil tindakan..

Avatar

Putri

June 24th, 2008 at 7:57 pm

Hati-hati kalo mau beli notebook terutama di harco mangga 2, dusit atau mangga dua mall, terutama yang garansinya garansi toko, biasanya barangnya walaupun baru tapi refurbish atau barang reject, kondisinya suka ada death pixel atau smudge di layarnya

apalagi sekarang banyak notebook yang dijual tanpa OS jadi buat cek ada atau tidaknya death pixel lebih sulit

untuk amannya beli di dealer resmi aja, yang ada garansi resmi dari toshibanya langsung, cek di kartu garansinya alamat service centernya harus jelas ada, kalau perlu cek via telepon, kalau ga mau repot, bila garansinya bisa diperpanjang, perpanjang aja, kondisi notebook suka tidak terduga

tapi yang paling penting, jangan pernah beli barang yang garansi toko kalau tidak mau kena masalah di kemudian hari, soalnya biar garansinya masih berlaku tapi tokonya udah pindah atau malah tutup, otomatis garansi langsung ga berguna

Avatar

Jansen

June 24th, 2008 at 10:13 pm

alow rekan-rekan , saya ingin menawarkan jasa service laptop dan maintanance service PC plus plus untuk informasi hubungi Jansen 021-70942705.

Special :

1. Buka password bios ( any brand ) Harga Rp. 250rb- Rp.400rb
2. Buka Password WIndows tanpa Format. Harga Rp. 100.00-Rp. 200.000
3. Upgrade Driver windows Vista ( Anybrand ) Harga Rp. 200.000-Rp. 300.000
4. Downgrade Driver Windows XP ( Anybrand )Harga Rp. 200.000-Rp.300.000
5. Service laptop anybrand Harga konfirmasi
6. Service optical drive harga Rp. 250.000,-

Tidak terima Install Software Bajakan

SHow room :

GLOBAL IT
Harcomas Lt.dasar No.37-38
Jakarta
Jansen 021-709-42705

Avatar

wan bonchu

June 25th, 2008 at 11:36 pm

Boss jansen, kalo flash bios notebooks toshiba l30-c330 brapa ongkosnya??
soalnya bios gw kosong gara-gara gagal update
thx

Avatar

den_b@goes

June 26th, 2008 at 1:13 pm

mas jansen punya info sparepart laptop ndak ya, saya butuh keyboard acer aspire 3620, mainboard axioo m54v dan lcd 14″ widescreen.
Mbok ya tulung kalo situ punya info saya dikabari, juga sparepart yang lainnya (pokoke semua sparepart laptop) kalo ada pricelistnya ya :)

Saya juga butuh komponen (ic) TDA8707, GM2120 untuk lcd monitor.
mas Jansen punya ndak? atau mungkin punya sodara yang jualan komponen elktronik yang lengkap

tulung ya mas Jansen ,
maturnuwun :)

Avatar

Joe

June 27th, 2008 at 9:42 am

Saya kebetulan kerja di bagian service dan menjual berbagai merk notebook baru. Kalo menurut saya toshiba paling ok, karena selama jual dan service toshiba termasuk yg paling sedikit klaimnya dari konsumen dibanding merk2 lain.
Sedangkan kalo utk toshiba yg sering rusak itu biasanya yg gak garansi resmi alias barang PI or BM (Black Market) yg didalamnya sdh bekas service alias rekondisi.
Untuk type Tecra 8100 emang sdh waktunya KO kalo kita gak periksa battery bios yg bocor dan merembes kemana-mana yg seharusnya diganti sebelumnya. Dan setahu saya itu barang second buangan dari negara lain yg seharusnya sdh dipensiunkan (maaf kalo ada yg pake tecra 8100).
Untuk lebih jelasnya bisa contact ke Toshiba Indonesia (PT. Aneka Infokom Tekindo) untuk memastikan barang yg kita beli resmi or BM.
Semoga informasinya berguna bagi kita semua.

Salam,
Joe

Avatar

naph

June 30th, 2008 at 9:02 am

jadi menurut om Jansen, untuk produk yang lama (salah satu contoh tecra8100) tidak boleh dibahas meskipun itu bukan barang BM?

begini om,yang kita bandingkan sama produk lain itu adalah produk setingkat dalam usia pemakaian yang sama
Jadi kalo kita pake contoh 8100, sebagai perbandingan juga produk setingkatnya misalnya Fujitsu FMV65, Thinkpad t21, NEC Versa dll. dengan syarat semua itu adalah sama-sama “bukan produk BM”.

Nah dari kelas tersebut ternyata toshiba memiliki kasus yang ga begitu memuaskan.
Dan memang benar kalo barang” seperti itu adalah barang buangan dari negara lain (dan kebetulan di negara kita masih termasuk barang yang layak dipakai) :(

Tapi apakah salah jika kemudian kita beli barang seperti itu?
Dan kembali pada perbandingan, selalu saja toshiba memiliki kasus terbanyak.

Oh ya, kalo emang om Jansen di bagian servis dan penjualan, kenapa tidak sekalian saja kasih tau merk+tipe apa saja yang masuk dalam barang BM atau mungkin refurbish atau produk lokal dan sejesisnya?
saya yakin om Jansen tau dan pasti terbuka sama kita semua di forum ini :)

Toshiba tecra M1, toshiba L40 dan seri L lainnya seringkali troble (terutama keyboard). apakah merek masuk barang BM?

makacih ooom :))

Avatar

--

July 3rd, 2008 at 5:57 pm

Assalam…..

TTTTTooooLLLLoooo0000nnnnnnGGGG…..>!>!?!!

buat tmn2 yg ada disini sy mw minta tolong niy…
di situs mana sy bisa dapetin driver Toshiba Satellite 2430..?!??!!
soalnya kemaren sy salah hapus, eh taunya driver semuanya hilang…
udh gitu cdny jg udh ilang………toLong informasiin yaaa…kalo ad yang tau…

thank’s yaaa… ;)

Wassalam….

Avatar

yayak

July 5th, 2008 at 9:37 am

XP yang ga detect SATA harus di sisipi dengan driver sata, ternyata mudah banget. semula saya sempat pusing, akhirnya semalam belajar ma om google, paginya saya coba berhasil.. mudah banget broo..

Avatar

agri

July 7th, 2008 at 7:29 pm

Q akhirna bli juga tU type AMD toshiba dan ternyta emang barang PI…
seminggu,stlah bLi,eh..trnyta..LCDna blank..
yang kena RAM..trus,diganti de ma tokonya…

sekrang,,permasalahnya baru lagi..wifi sama LAn conectorna(sory..mgkn salah nama;pokokna buat kabel UTP itu) ga bisa detect..
can U help me,pliz..??
pnyaQ..A-215 s7447..

Avatar

Thresya

July 9th, 2008 at 12:23 pm

Mm, syukurlah saya menemukan website ini, jadi bisa menanyakan mengenai laptop saya.. Hehe.. Sekedar memberitahu, laptop saya adalah Toshiba Satellite M200 dan sudah sekitar setengah tahun saya memilikinya.

Yang saya tanyakan, saya pernah memutar DVD di laptop saya tapi tidak ada respon sama sekali pada laptop (tidak terbaca), apakah itu terkait dengan kualitas DVD (mungkin karena DVD Rom sensitif??) karena DVD yang saya putar saat itu adalah DVD bajakan.
Saya belum pernah melakukan tindakan apa-apa terkait dengan hal itu. Namun saya juga belum mencoba memasukkan DVD2 yang lain (yg original) karena saya menganggap apa yang terjadi pada DVD rom saya bukan masalah dan lagi saya jarang menonton DVD di laptop.

Menurut anda kira-kira, apakah ada masalah dengan DVD Rom saya?? Apa yang harus saya lakukan terkait dengan hal itu??

Terima kasih..
Saya mengharapkan balasan anda
GBU..

Avatar

admin

July 10th, 2008 at 10:33 am

@Thresya : terkadang DVD notebook cukup sensitif. Dilihat dari ukuran nya saja betul-betul diupayakan fit di notebook. Beberapa rekan pernah memberikan pendapatnya, bisa dilihat di beberapa komentar sebelumnya. Yang pasti coba dengan dvd lain. Dan say no to piracy.

Avatar

rdona86

July 13th, 2008 at 3:34 am

halo2…
saya stuju klo Toshiba+CS skg ngaco…,
saya beli NoteBook Satellite L310, CD/DVD Driver tidak disertakan,
saya contak CS,
Hari Ke-1 :
KataNya dari Toshiba-nya memang tidak disertakan.. lalu saya di suruh UNDUH sendiri(Gila/Tolol).lalu saya kontak ke Toko-nya,saya di suruh Modal CD-Kosong+ngasih mereka uang rokok teknisinya(Tolol/Goblok).
Lalu Teman saya membeli NoteBook yang sama(Satellite L310),setelah saya tanya teman saya mendapatkan sebuah DVD-Driver Lengkap(Hebat).
Hari Ke-2 :
saya contak lg CS,kataNya CD/DVD Driver sudah disertakan di dalam kotak warna cokelat(Padahal Hari Ke-1 mereka bilang pihak Toshiba tidak menyertkan CD/DVD Driver(aneh))

Masalah Satellite L310:
- Mouse kadang ngeklik sendiri(Kacau+mengganggu)+panas luarBiasa

Jadi Kapok.

Avatar

tc

July 13th, 2008 at 10:48 pm

Thanks god i found this site….
aq mo nanya ama neh…gmana caranya downgrade vista ke xp…
aq bru bli Ibm lenovo Y510 T5550, Ram 3G ama hardisk 160 g…dari lenovonya disertai windows vista home premium…
kebetulan aq punya cd instaler windows xp …jadi aq coba format ama
install xp…tapi kok HD nya tak terdetek ya?
untuk downgrade pake cd instaler vista ato xp? trus gmana prosedurnya?
tx…God blees u all

Avatar

Ichan

July 15th, 2008 at 11:32 pm

mas, saya punya laptop toshiba dg tipe Satellite A215-S7447..cuman saat ini driver yang saya dapet lgsg recovery ma vista.Pdhal kalo pake vista bnyk prgrm2 yang g support. Ada yg bs nolongin nyriin driver biar cocok dipake XP, please…

Avatar

h3rry

July 17th, 2008 at 1:06 pm

tolong komentarnya mengenai toshiba dg proc AMD Athlon X2. saya ada rencana beli, thanks.

Avatar

FariZ

July 18th, 2008 at 9:14 pm

Saya mau beli laptop dgn kisaran harga 5-8 jtan.
minta sarannya dong, bagusnya beli merk apa ya ???
kemarin saya sempet ngelirik toshiba L310, bagus nda ??
m’kasih banyak…

Avatar

endai

July 20th, 2008 at 3:26 pm

tolong info bagaimana caranya bisa dapatkan driver-driver toshiba yang kita inginkan, saya sudah bosen cari di google nggak ketemu ketemu juga, aneh juga toshiba ini jualan kok nggak dikasih driver-drivernya, jadi gimana kalo kita mau partisi hdd dan install ulang.
tolong ya teman-teman yang tau bagi infonya ke saya trimmms……..

Avatar

toni

July 21st, 2008 at 10:01 am

bro gw punya toshiba m55-s331 udah 2thnan. tp belakangan ini kok kadang2 bagian di kipas pendinginnya suka bunyi ya? itu biasanya kena apanya. thanks bro

Avatar

Arif Firmansyah | Driver Notebook toshiba

July 21st, 2008 at 4:39 pm

[...] Kerusakan-kerusakan pada notebook toshiba sudah cukup banyak komentarnya, sehingga ditutup (http://arif.unpad.ac.id/?p=12)  Sebagian besar pertanyaan terakhir lebih ke seputar driver notebook. Khusus notebook toshiba [...]

Avatar

admin

July 21st, 2008 at 4:41 pm

diskusi artikel ini di alihkan ke http://arif.unpad.ac.id/?p=61

About this blog

Thinking Technology, Solution, Research, Mobile, CIO, Future, Simple, Cheap and Save for IT.

Photostream

  • yazid: mas boleh minta tutorial sms gateway menggunakan gammu dengan sql server mas?dari konfigurasi di bag [...]
  • Yaserace: Sekarang laptop ini tinggal kenangan. Bahkan dilelang di bawah 500 ribu. :) [...]
  • INDRA ADITYA F.: HITACHI: Haji langITAn CHinta Indonesia (pak haji di ponpes Langitan Tuban 100% cinta Indonesia) [...]
  • alzara: temen2 kalau ada yg punya tutorial lengkapnya bisa di share dong aplikasi sms gateway dengan delphi [...]
  • yoda daryono: Perkenalkan sy yoda, sy juga pengguna delphi, jika ada group untuk sharing delphi.. boleh juga.. ber [...]
September 2014
M T W T F S S
« Jul    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Pages