Printer Epson PLQ-20 yang bikin bingung

Pernah ke bank ? Kemungkinan  saat ini sebagian besar orang yang sudah bekerja d kota-kota besar pasti pernah kebank meskipun gak sesering dulu karena mungkin sebagian besar transaksinya melalui ka ATM. Saya salah seorang yang sering ke bank. Karena orang IT saya suka melihat-lihat apa yang sedang dikerjakan para pegawai bank. Salah satunya ketika melakukan pencetakan ke buku tabungan. Yanf membuat penasaran adalah printer yang digunakan bank untuk mencetak buku tabungan.  Apakah pengoperasiannya sama atau tidak ?.

Printer untuk mencetak buku tabungan atau Passbook memang agak susah dicari ditoko-toko komputer biasa. Biasanya jika butuh printer passbook ini harus pesan. Harganya lumayan mahal dibandingkan printer laser jet biasa. Meskipun printer ini termasuk jenis printer dot matrik tapi teknologi yang digunakan cukup canggih. Salah satunya adalah edge detection, printer dapat mendeteksi batas-batas kertas / buku yang kita masukan. Jadi kita tidak perlu menempatkan buku/ kertas pada posisi khusus. Untuk bank printer jenis ini memang sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses pelayanan.

Merk printer passbook ini yang paling terkenal adalah merek dari IBM, di indonesia mungkin sebagian besar bank menggunakan printer jenis ini. Merk lain yang muncul seperti ollivetti dan epson. Harga dari printer ini sekitar 700 US dolar lebih. Atau sekitar 6-8 jutaan kalo di rupiahkan. Lumayan mahal kan?.

Beberapa hari yang lalu saya ditawarin temen buat membuat program cetak passbook menggunakan printer jenis ini. Tapi merknya yang epson PLQ-20. Setelah saya diskusi sih dengan temen2 di bank kalo printer passbook setting dan installasinya tidak susah, tidak jauh berbeda dengan printer jenis dotmatrik yang lain. Tapi ternyata yang EPSON ini sedikit membingungkan juga. Ketika pertama kali di install Printer ini gak bisa connect ke komputer.

Pake LPT1 maupun USB sama saja, bahkan dah pindah ke beberapa komputer sama, cetak lewat dos sama juga tidak bisa. Pertama sih saya menduga drivernya yang gak beres, tapi masa driver yang dikasih gak cocok. Saya coba baca buku panduan nya. Ternyata printer ini memiliki setting khusus yang tidak bisa dilakukan melalui program aplikasi. Yaitu memanfaatkan 3(tiga) buah tombol F1/eject offline dan F2. disertai lampu dan 2 lampu indikator khusus untuk power dan ready. Iseng-iseng saya coba ikuti instruksi dari buku panduan untuk setting printer ketika printer pertama kali dinyalakan dan seluruh lampu indikator menyala tekan rombol F1 dan F2 secara bersamaan setelah lampu indikator ready menyala masukan kertas berukuran A4 kedalam printer.  Kemudian printer akan mencetak output menu. Dan selanujutnya mengikuti instruksi sesuai dengan petunjuk yang tercetak di kertas. Fungsi tombol F1 untuk sama seperti menekan tombol Enter untuk masuk atu menset konfigurasi sesuai dengan yang tercetak dikertas dan untuk F2 untuk mengganti pilihan.

Salah satu yang saya coba ubah  konfigurasinya adalah software, ternyata printer ini sudah terpasang lebih dari 1 software khusus yaitu PR2, ESC2, IBM PSD dll. Defaultnya PR2, saya coba ubah menjadi IBM PSD, kemudian printer dimatikan. Driver diinstall ulang, hasilnya printer dapat mencetak. Namun hasil cetakan belum bagus. Dibeberapa hasil pencetakan masih muncul kode ascii. Saya coba ganti software menjadi ESC2 dan hasilnya bagus. Baik printe text atau grafik dicetak dengan baik. Namun ada saran dari orang bank jika terlalu sering mencetak di mode grafik seperti di ms word, resiko kerusakan jarum printer lebih besar. Sebaiknya printer digunakan untuk mencetak di mode text.

Dari hasi test kami, printer PLQ-20 sebenarnya mencoba menawarkan nilai lebih dengan memberikan beberapa standar software pencetakan yang sebelumnya telah ada. Selain itu dari sisi kecepatan untuk mencetak mode text pasti cepat namun untuk mencetak mode grafik terkadang proses pencetakannya membuthkan waktu lebih dari 3 detik. Karena printer ini merupakan printer jenis dot matrik bisingnya suara proses pencetakan cukup mengganggu. Selain itu terkadang driver harus di install ulang, terutama ketika kondisi proses pencetakan bermasalah.

108 Comments, RSS

  1. Ito Dubai January 28, 2008 @ 11:25 pm

    ternyata ada setingan tersembunyi pantesan susah amat. btw thanks banget ya sekarang printernya udah bisa digunakan sebagaimana mestinya

  2. judika February 9, 2008 @ 3:34 pm

    Bagi anda pengguna printer canon, anda pasti akan mengalami blinking alias kelip-kelip. Printer anda ketika dinyalakan lampunya Nyala-Hidup…. Nyala-Hidup…..(podho ae bos….). Sekarang anda tidak perlu lagi bingung, nih.. aku ada beberapa software untuk me-reset printer anda…. Dijamin ANDA PUAS KAMI LEMAS…….., untuk printer Canon iP1880 juga ada.

    Sebelum anda menjalankan software ini, terlebih dahulu reset secara manual printer anda dengan cara :

    Cabut kabel Power(kalbel listrik) printer.
    Cabut kabel USB.
    Tekan tombol Power printer dan JANGAN DILEPAS.
    Tancapkan kembali kabel power(kabel listrik) printer.
    Tekan tombol Resume dua kali, sehinggan lampu berwarna hijau.
    Lepas tombol Power.
    Tancapkan kembai kabel USB.
    Printer anda akan terdetek sebagai hardware baru. Kemudian…….;
    Silahkan di donlot dan di ekstrak, kemudian jalankan GeneralTool.exe.
    atau bisa download di http://indoresetter.blogspot.com

    Pada USB Port, pilih USB port printer anda.
    Beri tanda centang pada CLEANING dan EEPROM CLEAR.
    Tekan tombol Lock Release.
    Tekan tombol Main dan Platen.
    sudah selesai. Printer anda sudah reset permanen.
    NB: Ada beberapa printer prosesnya agak lama, sehingga status printer Busy, tapi anda tidak perlu khawatir, tunggu beberapa menit sampai selesai

  3. Mutakin November 15, 2008 @ 9:50 am

    sekarang saya bingung jarum pada printer LQ20 mudah sekali patah. Bagaimana ya setting mode text itu

  4. Albert Chong December 11, 2008 @ 12:44 pm

    Friend…terima kasih banget udah tulis topik ini…Gue barusan menyelesaikan masalah printer ini yang bikin bingung sampe setengah hari tanpa solusi sampe menemukan tulisan anda…
    Sekali lagi…terima kasih..

  5. putra January 8, 2009 @ 8:02 am

    saya ada masalah dengan printer ibm 9068 A03, ” klu printer itu di saring ke komputer lain, komputer lain tersebut tidak bisa memprin buku tabungan, dengan komentar driver printer not instaled, sedangkan klu print test page lancar-lancar aja gak ad masalh
    yg saya mau tanya ada gak setingan lainnya? supaya print saya bisa print book tabunga

  6. Kris Arnowo January 21, 2009 @ 6:09 pm

    Salam kenal …

    Langsung saja ya … selain merk passbook diatas masih ada beberapa merk lain yang tidak kalah kualitasnya, salah satunya adalah passbook merk TallyGenicom.
    Kalau anda berminat untuk uji coba passbook silahkan hubungi kami.

    Terima kasih atas perhatiannya.

    Salam

  7. robby January 23, 2009 @ 9:01 am

    Mas Arif, Bagaimana ya setting mode text itu, ku gak ngerti, tolong donk, bantu aku, terimakasih sebelumnya

  8. rudi April 16, 2009 @ 11:52 am

    saya punya masalah dengan printer LQ2180, saat ngeprint yg tercetak bukan hasil yg diinginkan tp semacam bahasa mesin, thank’s ya atas bantuannya.

  9. Djiyarto May 5, 2009 @ 3:40 pm

    Ya Mas Arif saya sdh make 2 t ahun printer ini memang setting awaknya agak sulit, krn merubah emulasi Port Paralel ke USB, tapi setelah jalan sampai sekarang 2 printer yg dipake konsumen saya puas selain murah dibanding IBM dan MannasmanTally yang harganya antara 9-15 jutaan kalo Epson PLQ-20 PassBook cukup 7,6 juta. dan Pita dengan durasi cetak perhari 50 buku bisa tahan 6 bulan lebih..

  10. heriyanto May 31, 2009 @ 5:21 pm

    Bang Arif,,gimana cara setting manualnya tuk merubah PR2, jadi ESC2 dan IBM

    trimakasih

  11. admin June 2, 2009 @ 12:01 pm

    Anda hanya butuh kertas kosong, dan ikuti instruksi diatas, kalo enggak baca saja manualnya.

  12. dheny August 24, 2009 @ 10:07 am

    Saya mau jual printer epson PLQ-20 baru gres stok tinggal 2 buah, harga cuma Rp.5 juta perbiji kalo beli keduanya bisa nego.
    saya berencana menutup toko komputer saya.trims.

    Dheny – Malang
    ym/email : deni _chriest@yahoo.com
    hp: 085646700450.

  13. Otto October 2, 2009 @ 10:11 pm

    Setting PLQ-20 tidaklah sulit. Pada dasarnya PLQ-20 memiliki kompatibilitas software yang cukup banyak. itu sebabnya kita mesti memilih apakah kita akan menggunakan IBMPPDS, Olivetti PR2 atau ESC/P (EPSON)…… OK

  14. ekaitpc November 19, 2009 @ 8:57 am

    walking blog

  15. Hendra December 28, 2009 @ 8:34 pm

    Mas Arif, bisa tolong dikirim via email untuk driver EPSON PLQ-20 ke ndra_4ever@yahoo.com , soalnya saya tidak punya drivernya.
    Kalau sudah kirim, konfirmasi ke 160ja@posindonesia.co.id
    Thanx

  16. PuNK January 5, 2010 @ 9:04 am

    Mas tlg bnt setingan pasbook ibm 9068 A03 untk SO WinXP… Sy mw cetak k buku tabngn. Thx b4

  17. Wanto February 1, 2010 @ 5:41 am

    Mas arif, ku baru di kasih printer passbook ibm 4477 tapi ku ga da drivernya, dah ku cari di website ibmnya ga ketemu, mas bisa tolong kasih aku drivernya

  18. Ichsan February 2, 2010 @ 10:19 am

    Mengapa Passbook IBM Tidak Mau Menarik Kertas atau tidak bisa ngeprint.
    itu bermasalah d mna?

  19. Awam February 3, 2010 @ 11:22 am

    Kang klo Olivetti PR2E ga print failed terus kenapa y? padahal udah di instal drivernya walaupun ga kedetek secara langsung pake com1 atau com2 sama aja ga bisa…

    mohon bantuannya..

  20. andi March 7, 2010 @ 4:30 am

    salam kenal nih mas.tenkyu atas informasinya,printer saya jd tok cer nih…udh 2 hr ngoprek ni printer kg kelar2 kirain drivernya kaga cocok soalnya buku manualnya ilang entah kemana???akhirnya…soalnya ni printer mo saya jual msh baru buku sama kardus ga ada drivernya ada,klo ada yg minat hub andi.w3@gmail.com harga 4,5 jt nego…1 x lg tenkyu nh mas

  21. andi March 7, 2010 @ 1:38 pm

    mas tenkyu atas postinganya,saya jd bisa pake ni printer udh 2hr ngoprek kg kelar2 niatnya sh mo saya jual ni printer unit ada 3 msh baru kardus ama buku g ada driver tersedia,harga 4 jt nego berminat hub andi.w3@gmail.com

  22. wayan March 23, 2010 @ 9:52 pm

    mas, kalau mau cetak dgn huruf yg lebih kecil, gmana ya setingannya ?

  23. Macel April 13, 2010 @ 8:37 pm

    Bagaimana cara membaca output settingan dari hasil print out yang berupa menu2 settingan misal’a saya ingin mengecilkan ukuran font atau menyesuaikan hasil print out seperti hasil print out dari passbook IBM. Karena saya mendapati hasil print out dari passbok Epson PLQ-20 Berbeda dari hasil ketika Menggunakan IBM. Kemudian untuk mengatur Setingan paper continue dan per shet apakah dilakukan manual dari printer atau dapat di atur dari driver.

  24. dion listiyono May 21, 2010 @ 1:23 pm

    Mas…
    Tolong bantu saya donk…
    Kira2 anda punya Link yang ada service Manual Print Head Siemens Nixdorf Xe….
    Kalo ada tolog donk….
    Nuwun….

  25. dion listiyono May 21, 2010 @ 1:24 pm

    Karena Print Head nya Jarum nya Patah….
    Matur Nuwun…

  26. admin May 28, 2010 @ 12:21 am

    cetak mode text hanya dapat dilakukan program tertentu, misalnya program2 word processing jaman dulu, misal ws, atau anda harus buat program khusus menggunakan vn, delphi, c dll.

  27. Arie June 7, 2010 @ 7:30 pm

    Mas, untuk merubah port yang dipakai pada printer pasbok IBM 9068 A03 itu bagaimana ya?saya mo coba mengganti biar prot USB nya bisa digunakan..terima kasih banyak

  28. Oullie June 9, 2010 @ 9:08 am

    Mas…
    Punya Driver printer ibm 9068 A03 ????
    Saya Butuh Bgt Soalnya….

    Terima Kasih

  29. hasanHGM July 9, 2010 @ 2:31 pm

    Syukur bisa ketemu sama yang bisa pake PLQ-20. Mas Bisa kasi urutan setingan pertama biar bisa pake cetak passbook atau lainnya. Epson tidak kasi petunjuk bahasa indonesia. makasih atas petunjuknya.

  30. moses July 13, 2010 @ 10:21 am

    Mas klo mo beli printer IBM 9068 dimana. yg murah…??? thx

  31. c4hyo July 24, 2010 @ 7:25 pm

    lam knal mas mau nanya ni mas pda printer ibm 9068 A03 muncul kode error 22 apanya ya yg rusak sblumnya mkasih

  32. sutan_siregar September 21, 2010 @ 10:23 am

    saya mau tanya…
    saya menggunakan epson PLQ-20,
    cara settingan untuk marginnya gimana yah??
    karna hasil printnya terlalu naik 2 cm dari yang seharusnya…

  33. infus printer October 7, 2010 @ 1:48 pm

    Topik yang jarang diulas kayaknya, bagus sekali untuk menambah ilmu, siapa tau suatu saat akan ketemu masalah sejenis, jadi udah tau gimana penyelesaiannya.
    thanks

  34. Nhono October 23, 2010 @ 6:49 pm

    Saya Mau nanya…
    Saya dapat Printer baru Olivetti (passbook). Tapi Knapa ga bisa terdeteksi di komputer….?
    Plis dibantu dong cara instalx…!
    Thanks sblumnya…

  35. irwandi November 1, 2010 @ 1:04 pm

    Masalah yang sama akan ditemukan ketika anda berhadapan dengan printer mini (POS Printer)juga Barcode Printer, kebetulan saya bekerja di perusahaan penyedia perlengkapan retail.
    Jika anda nemuin problem di POS Printer & Barcode Printer boleh sharing melalui email sy….. Nice Topic
    Salam
    Irwandi

  36. irwandi November 1, 2010 @ 1:09 pm

    Untuk Kak Oulie & Moses yang lg perlu ibm 9068 A03, kalo belum dapat bisa confirm ke irwandi@dataretailsolution.com
    Data Retail Solution merupakan reseler untuk produk-produk IBM POS termasuk Printer dan Server
    Visit http://www.dataretailsolution.com
    nice day….

  37. rudy darmawan November 16, 2010 @ 10:16 am

    saya mencoba mengganti jarum head printer EPSON PLQ-20, setelah saya pasang kembali ternyata printer tidak dapat menarik kertas, dengan lampu power hidup dan lampu offline berkedip2. kemudian printer saya matikan kembali, head printer saya chek kembali mungkin ada sesuatu yang salah. Setelah saya pastikan tidak ada yang salah head saya pasang kembali. Printer saya on kan kembali. ternyata ketiga lampu berkedip semua sebentar sekitar 1 menit kemudian mati dan tidak pernah hidup kembali sampai sekarang.
    mas Arif Firmansyah tolong saya diberi solusi atau cari tahu kesalahan saya.. terima kasih

  38. putra lesmana November 19, 2010 @ 11:07 pm

    mas, mohon bantuannya ya. Driver print ane yg epson plq-20 hilang entah kemana. Saya minta link download buat driver print plq-20 yo mas. Terima kasih buanyak. Linknya dikirim via email ya mas. Mohon bantuannya ya mas.

  39. pri January 14, 2011 @ 10:36 am

    mas arif..
    saya mau tanya…
    saya menggunakan epson PLQ-20,
    cara settingannya bagaimana yaa
    untuk konfigurasi yg di printernya sendiri
    bukan dari windows
    kayak setting ke IBM 4722 nya

  40. mubarok January 24, 2011 @ 6:14 pm

    mas arif tolong kasih tau cara setting printer PLQ-20, setelah ditekan bersamaan F1 & F2 lalu tekan apalagi F1 apa F2? sampai printer siap di pakai

  41. Joko February 22, 2011 @ 4:02 pm

    saya sudah lakukan instruksi seprti diatas tapi hasilnya memang bisa print tapi masih ada masalah dengan left margin yang tidak bisa normal, selalu saja menggeser 3 cm ..ada yg tahu masalah ini ? tolong bantu dong..terima kasih sebelumnya

  42. KUA KESUGIHAN March 12, 2011 @ 10:23 am

    TETEP BELUM BISA NGEPRIN

  43. kuakesugihan March 12, 2011 @ 10:26 am

    bagemana mengatasi printer udah normal tpi skarang tidk bisa cetak

  44. SUFAI March 26, 2011 @ 4:36 am

    plq 20 mati..!! kemungkinan salah satu IC print head driver ada yang rusak. untuk memastikan kerusakan ini, bongkar printernya, lepas kabel dari power supply yang menuju ke mainboard. nyalakan power (dalam keadaan tanpa beban). jika power supply nyala dan output nya ada. kerusakan ada pada mainboard (IC SLA….)

  45. SUFAI March 26, 2011 @ 4:50 am

    Sebenarnya untuk mempermudah setting pada Passbook Epson PLQ 20
    bisa di buatkan script. script ini akan merubah konfigurasi dari pinter tersebut. http://pojokitfacom.wordpress.com/

  46. tony March 28, 2011 @ 5:54 pm

    mas, cara seting PLQ 20 agar baris cetaknya sama dengan IBM 9068 – A03. karena ada selisih beberapa inci dari top nya.terima asih atas namtuannya.

  47. steven April 28, 2011 @ 6:47 pm

    mas kalo blinking kuning olivetti pr 2+ apa ya kerusakannya
    mksh………

  48. Arie May 3, 2011 @ 11:02 am

    Dear Mas2 yang baik Hati,

    masalah yang saya alami saat ini adalah printer epson plq-20 saya tidak mau menarik kertas, printer sudah saya reset ke default dan saya coba coba setting dari awalpun tidak mau. kira-kira kenapa ya kok dia gak mau narik kertas? terimakasih

  49. arrya May 20, 2011 @ 1:06 pm

    tks ya berhasil

  50. sumpena June 4, 2011 @ 2:54 pm

    selamat sore pak !! maaf ganggu , saya punya sedikit masalah tentang passbook epson plq-20 setelah sya lihat blogg bapak, saya langsung mengikuti intruksi tersebut, rupanya tetp seperti itu.
    gimana ya,? 081385509873

  51. jack June 25, 2011 @ 12:23 pm

    maaf da ganggu.
    minta tlong settingan di komputer agar printer ibm bisa 9068 bisa di gunakan.
    karena kemarin sempat di setting dan jadi tetapi kmpter smpat jbol d instal ulang tpi lupa deh setingannya..
    bisa diminta tlong??
    trimsss

  52. Edoard B. Lembang August 18, 2011 @ 10:30 am

    Siang semua…
    Saya punya masalah dengan priter Passbook Epson PLQ-20 yang powernya tidak menyala. Tolong bantuan dari teman-teman semua.
    Thanks…

  53. BikinDesainSitus November 7, 2011 @ 9:05 am

    terima kasih sharenya.
    ane kesasar kesini karena di anter mbah gugel. ketika tanya tentang printernya bank.
    ternyata mahal juga….dan konfig lumayan ruwet

  54. herman November 16, 2011 @ 8:34 pm

    mas..ada nggak d jual katriknya epson plq 20 n brp hrgax..

  55. Papa Binar December 8, 2011 @ 6:55 am

    Mas Arief…
    Thankyou poolll atas semuanya
    mau aku coba nasehat2nya

  56. Eko December 12, 2011 @ 12:10 pm

    salam kenal mas mau nanya ni mas pada printer ibm 9068 A03 muncul kode error 22 pada hal motor stater sudah di ganti apanya ya yg rusak sblumnya mkasih.

  57. Agung ( Bekasi ) December 13, 2011 @ 10:15 pm

    Mas Sori Ni mo tanya….bru tdi pagi customer ak minta pemasangan instalasi PLQ 20, dan ternyata pas say buka dus baru nya…ko ga ada drivernya yahh, dan bagaimana sy bisa install klo gak ada driver nya…apa mungkin drivernya secara langsung, di conect ke komputer dan membaca automatis…yg pengen saya tanyaiin…apa yg saya lakukan ketika pertama kali instalasi pemasangn PLQ 20 Thx…n salam kenal….

  58. fikry December 22, 2011 @ 3:10 pm

    minta driver passbook printer 9068 A03 donk !!
    terima kasih

  59. andre December 28, 2011 @ 10:20 am

    terima kasih atas bimbingannya dan pengetahuan printernya.

  60. triayani March 6, 2012 @ 3:50 am

    mas naya beli ibm 9068 passbook secon yang mura dimana nya

  61. ksave March 13, 2012 @ 12:34 pm

    mau tanya dong kalo ibm A03 eror 21 kenapa yah>tqu mas!!

  62. MUCHOJIN April 3, 2012 @ 8:29 pm

    PAK GIMANA CARA MENDELETE ATAU MENGHENTIKAN PRINT? SOALNYA MESKI Q UDAH MATIKAN KOMPUTER TAPI KETIKA KERTAS DIMASUKAN KE PRINT LANGSUNG KELUAR DATA YANG SUDAH TERSIMPAN?

  63. yanti April 5, 2012 @ 8:43 am

    mas,knp printer PLQ 20 tidak bisa validasi?tapi bs ngeprint laporan…

  64. wisnu April 10, 2012 @ 6:25 pm

    Sy kerja di salah satu bank,menggunakan PLQ20…Settingan secara flash atau manual sudah dilakukan..tp kenapa kl sy bedakan dengan printer yang biasa sy setting, test printnya memiliki perbedaan jarak yang seharusny..ap itu driverny ya/

  65. wisnu April 10, 2012 @ 6:32 pm

    MUCHOJIN:

    PAK GIMANA CARA MENDELETE ATAU MENGHENTIKAN PRINT? SOALNYA MESKI Q UDAH MATIKAN KOMPUTER TAPI KETIKA KERTAS DIMASUKAN KE PRINT LANGSUNG KELUAR DATA YANG SUDAH TERSIMPAN?

    jawaban:

    Gan coba matikan printernya,setelah itu masuk ke print and fax,setelah itu pilih printer yang di tuju,setelah itu klick kanan pilih use printer offline..setelah itu masuk ke resent dari printer tersebut,lalu delete…Atau bisa dengan cara mendelete file tersebut dengan keadaan printer power off..
    semoga bisa membantu

  66. grei April 27, 2012 @ 9:43 pm

    mas mo tanya,
    saya pake printer ibm 9068 A03. sewaktu di hidupkan keluar code 40 dan lampu redy y kedip2, print g bisa test print at uat ngeprin.
    mohon bantuan y … thanks

  67. maman suherman May 10, 2012 @ 9:40 am

    mas,printer passbook ibm saya kok hasil print outnya lebih kekanan shg sebagian hasil print outnya ga kebaca

  68. agus May 17, 2012 @ 2:41 pm

    terima pembuatan jarum ..TallyGenicom.. epson plq 20 wincor + T5023

    kirim sepatunya… ke palembang..email saya…

  69. anto May 29, 2012 @ 3:32 pm

    Mas mau tanya Klo printer epson PLQ-20
    setiap kali nge print selalu keluar @ejl 284.4 pada sudut kiri atas
    solusinya bagaimana agar @ejl 284.4 hilang?
    dan apa sebabnya kok bisa keluar tulisan @ejl 284.4?

  70. rdvindoprint May 30, 2012 @ 2:12 pm

    08174900866 it kusus printer passbook all merek. konsultasi gratis. jual juga printer passbook all merek ada epson plq20,ibm 9068 a03,wincor hpr4915xe, olivetty,telly,dll;

  71. rdvindoprint May 30, 2012 @ 2:15 pm

    mau tanya dong kalo ibm A03 eror 21 kenapa yah>tqu mas!!

    jawaban: error 21 n 22 itu adalah dinamo motor seteper yg terletak di belakang panel (tobol) betuk nya seperti dinamo tamia tp harga lumayan mahal sampai 200rb an call aja 08174900866

  72. rdvindoprint May 30, 2012 @ 2:17 pm

    mas naya beli ibm 9068 passbook secon yang mura dimana nya?

    jawab:
    kami jual ibm 9068 a03 barang 99,99% new garansi 1th harga 4,5jt 08174900866

  73. rdvindoprint May 30, 2012 @ 2:19 pm

    fikry

    December 22nd, 2011 at 3:10 pm

    minta driver passbook printer 9068 A03 donk !!
    terima kasih

    driver ibm di setiap computer xp sudah ada tingal di add printer pake driver ibm type proprinter x24/II

  74. rdvindoprint May 30, 2012 @ 2:20 pm

    Agung ( Bekasi )

    December 13th, 2011 at 10:15 pm

    Mas Sori Ni mo tanya….bru tdi pagi customer ak minta pemasangan instalasi PLQ 20, dan ternyata pas say buka dus baru nya…ko ga ada drivernya yahh, dan bagaimana sy bisa install klo gak ada driver nya…apa mungkin drivernya secara langsung, di conect ke komputer dan membaca automatis…yg pengen saya tanyaiin…apa yg saya lakukan ketika pertama kali instalasi pemasangn PLQ 20 Thx…n salam kenal….

    biasa manual di windows xp biasa pakai driver ibm sama kaya coment di atas

  75. rdvindoprint May 30, 2012 @ 2:21 pm

    Eko

    December 12th, 2011 at 12:10 pm

    salam kenal mas mau nanya ni mas pada printer ibm 9068 A03 muncul kode error 22 pada hal motor stater sudah di ganti apanya ya yg rusak sblumnya mkasih.

    tu kena mainboard nya.. ic yg ada pendingin ya../traid in tuker + ama kamii

  76. rdvindoprint May 30, 2012 @ 2:23 pm

    Edoard B. Lembang

    August 18th, 2011 at 10:30 am

    Siang semua…
    Saya punya masalah dengan priter Passbook Epson PLQ-20 yang powernya tidak menyala. Tolong bantuan dari teman-teman semua.
    Thanks…

    ada beberapa kemungkinan pertama power suplay nya ke 2 mainboard nya.. apa bila mainboar nya pasti kena printh head nya karena sot kebakar ke bot service nya lumayan tu

  77. agus June 2, 2012 @ 10:07 am

    kalo perlu jarum printhead segala jenis passbook … hub saya
    melayani selurh Indonesia … harga khusus untuk semama kaum Teknisi printer passbook..

  78. erni June 20, 2012 @ 3:28 pm

    mas tolong infonya apa arti dan bagaimana cara mengaasi passbook ibm 9068-AO3 eror 31 trus kedip kedip

  79. alex July 19, 2012 @ 10:31 am

    Thnks plq-20 sy udh bisa operasi. but, hasil cetak ketimpa satu baris, pie?

  80. CV. Fortuna Data Centre August 1, 2012 @ 9:14 am

    Saya punya printer Epson PLQ20 kenapa ya kertas kok gak mau nyedot sama sekali. tolong dibantu. thanks

  81. wirawan August 3, 2012 @ 8:57 pm

    apakah ada yang punya driver passbook ibm 9068-AO3 untuk windows xp atau windows 7, kalau ada tolong email ke w1r4_84@yahoo.com, terima kasih

  82. alex August 10, 2012 @ 9:09 am

    Thnks plq-20 sy udh bisa operasi. but, hasil cetak ketimpa satu baris, pie?
    ————————
    yang ane maksud, ketimpa satu baris dari hasil cetak ibm 9068-a03 yang dipakai cebelumnya coy

  83. Muksin October 17, 2012 @ 10:17 am

    Mas,gimana cara seting printer epson PLQ 20 yg belum bisa normal hasil nya seperti hurup/tulisan nya sewaktu print di buku tabungan,tapi kalau di tes print biasa tulisan nya normal,trims atas info nya

  84. anto (DBA) November 12, 2012 @ 11:43 am

    sebelumnya lamken , sob saya ada sedikit masalah dengan EPSON PLQ20 , masalahnya ” hasil print out geser kekanan kl di print saat konek ke komputer , kl saft test biasa normal sob ngak ada geser kenanannya , tolong ya sob dibantu kl ada solusianya yang sobat punya , TQ sob sebelumnya 🙂

  85. anto (DBA) November 12, 2012 @ 12:57 pm

    sugino

  86. zoel November 20, 2012 @ 2:39 pm

    mas bagai mna cara mnginstal ulang printer PLQ-20???

  87. rendy November 21, 2012 @ 7:28 am

    gan mo tnya klo pssbook epson plq 20 ngk bisa cetak trus lmpu power dan offline nyala smbil lmpu ready berkedip..kira2 gmna cara mngatasinya??..tolng d email ya gan..thx b4

  88. Jual Pita PLQ20 January 24, 2013 @ 10:34 pm

    Saya mampir ke halaman blog ini karena mencari informasi tentang printer epson PLQ-20. kerjaannya memang jualan Pita printer dot matrix, jadi dikiranga ngerti juga tentang trouble shooting printer.

    Terima kasih sudah berbagi.

  89. ewink April 17, 2013 @ 12:34 pm

    saya ada masalah dengan Epson plq 20, connect printer lewat usb, apabila saya mau cetak, lampu F2 blink lalu saya tekan tombol F2 hasil cetakan keluar tapi ada tercetak juga sebelum hasil cetakan yg diinginkan sbb:

    284.4
    @EJL

    isi hasil cetkan

  90. M4DE May 6, 2013 @ 4:35 am

    Berbagi pengalaman,,,error 21/22 :motor shuter/setingan baut motor,,error 40 :karena salah pencet,cek dgn tes print,,,,error 17 :kabel head longgar/lepas,,error 31 :sensor card,,tdk mau tarik kertas:cek sensor card/kabel sensor card,,untuk ibm a03/wincor/epson: settingan driver pake propinter III n setingan ada d printer masing2,,sekian
    dlu,,,,smoga bs bantu,,,

  91. Nawi June 7, 2013 @ 2:37 pm

    Terimakasih banyak untuk sharing info perihal passbook printer ini.
    saya mau tanya untuk kendala passbook IBM yang lampu led-nya 1-2-3 blinking sewaktu pertama kali printer dinyalakan sehingga printer tidak mau start normal.
    mohon sharing info solusinya untuk masalah ini.

    terimakasih banyak sebelumnya.

    salam

  92. fako July 24, 2013 @ 8:33 am

    buat mas arief dan mas2 yg ada disini semua…

    ada yg punya driver passbook ibm 9068-AO3 bwt winXP ga?
    kl ada tlg e-mail ke krisfako@gmail.com
    terima kasih atas bantuannya

  93. Saeful August 21, 2013 @ 9:34 am

    Buat agan2 and nona 2 yang ingin share tentang printer passbok merk type apa aja boleh…email ke gue… mudah gue bisa bantu. kebetuan sehari2 kerjaan berkaitan dengan printer gituan nich !!!!!

  94. sewuane September 14, 2013 @ 8:20 pm

    Kang Saeful Ane harus email kemana?

  95. Anukuadalima October 4, 2013 @ 10:18 am

    ada PLQ20 2, yg 1 matot, yg 1 hasil print jelek…udah dibongkar…jarum headnya patah…PLQ20 yg mati headnya aku pindahin ke PLQ20 yg headnya rusak….nyala, bisa ngprint bentar, stengah halaman test print itu terus berhenti, gak ada power indikator yg nyala sama sekali…..dicoba dibalikin ke head bawaannya sama aja.

    Pertanyaanku?apakah ada pengaruhnya ganti head sehingga bisa membuat printer MATOT?ganti head apakah disetting dulu baru diprint kah?

    Kalau seperti itu kasusnya apa ya rusaknya?apakah hanya di adjust aja. Rencananya aku mau beli head PLQ20 yg baru tapi nanti kalo dipasang bisa bikin MATOT mending gak usah aku pasang…

    Ada solusi?tolong diemailkan ke anukuadalimaruparupawarnanya@gmail.com

    terimakasih

  96. sugino October 29, 2013 @ 11:09 pm

    Salam kenal bagi agan2 yg kebingungan mengenainpermasalahan,pengadaan,perbaikan printer pasbook bisa kontak saya di jl bintara4 no4 bintara bekasi barat hp 021 46215858 email rdv_indoprint@yahoo.com saya sudah menangani printer pasbook sejak th 1997 by rdv indoprint saya setia siap membantu agan2 yg binggung tentang printer pasbook salam sukses slalu

  97. rahma November 6, 2013 @ 9:02 am

    permisi, saya punya printer dotmatrix tipe epson LQ-2180..
    di PC dinyatakan sudah terhubung. tp printer tersebut tidak mau mencetak.. kira2 permasalhan nya apa ya?
    trus solusi yg bisa sya lakukan seperti ap?
    terimakasih 🙂

  98. Juan November 6, 2013 @ 12:12 pm

    Mau tanya mas, Saya di kantor dapat masalah Printer IBM 9068, waktu ngprint hasil cetakan nya mulai dari tengah halaman. jadi hasil nya tidak pas pada kolom pada buku tabungan. mohon solusinya mas..

  99. oding November 6, 2013 @ 9:04 pm

    PLQ saya mati karena pas dhidupkan kgak nyala trs,dicoba gnti power supley nya,ttp aj kagak nya,tolong dong yg tau cara bnrin PLQ yang kgak mw hidup-hidup?

  100. arif May 30, 2014 @ 11:53 am

    Permisi agan2 di sini.mau tanya cara pararel olivetti agar bisa otomatis bisa nyetak butab lewat cs2….posisi cabel dan driver olivetti di cs1

  101. stey September 5, 2014 @ 3:17 pm

    kan sudah di seting.gimana jika printernya ready tapi nga mau print??

  102. mugi September 15, 2014 @ 2:36 pm

    mas numpang tanya printer plq 20 mati saya lepas head nya nyala
    apa bila saya ganti head baru apakah lansung bisa atau ada yg rusak komponen di maindboard. mohon solusinya mas

  103. Alfiah September 16, 2014 @ 10:41 pm

    Saya punya printer Epson PLQ20 kenapa ya kok gak mau mencetak, setiap kali di beri perintah cetak, Begitu di tekan F1 nya kertas yang ada langsung dikeluarkan lagi. tolong dibantu untuk solusi masalah ini ya. thanks

  104. thomson March 4, 2015 @ 9:45 am

    Mas: Saya punya printer Epson PLQ20 kenapa ya kok gak mau mencetak, setiap kali di beri perintah cetak, semua lampu indikator menyala (led ready, led f1, led . tolong dibantu untuk solusi masalah ini ya. thanks

  105. herman March 16, 2015 @ 12:45 pm

    gan, numpang tnyak. sya punya tugas setting printer passbook plq20D. nah hasi cetakannya tu gak sesuai letak kolomnya klw di print di kertas cek, tpi klaw di buku tabungan itu sesuai. ad solusi gk ya… mohon bantuannya. tks ats artkelnya sngt membantu.

  106. totok atmojo April 15, 2015 @ 12:43 pm

    agan,permisi,,,saya mau minta tolong,pabook plq20 saya rusak,,setiap ngeprint pita film nya lepas atau bundet,tolong di bantu boss,,,terimakasih

  107. syafal February 2, 2016 @ 9:47 pm

    Mas! saya mau tanya setiap print out dengan printer epson PLQ-20
    selalu keluar 284.4 @EJL pada sudut kiri atas
    solusinya bagaimana agar 284.4 @EJL hilang?
    dan apa sebabnya kok bisa keluar tulisan 284.4@EJL ?
    printer ini saya gunain untuk print buku nikah dan akta buku nikah
    Trims ya Mas unt atensinya

  108. anton February 26, 2016 @ 4:27 pm

    Permisi agan2 saya ada masalah dengan plq20 untuk cari jarum head dimana terima kasih…
    ama plq 20 lampu blinking masalahnya apa ya tanks.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*