EPSBED untuk DOSEN

In: unpad

8 Jul 2008

Biasanya EPSBED (Evaluasi Program Studi Berdasarkan Evaluasi Diri) diterangkan sebagai Sistem Evaluasi bagi Program studi melalui pengumpulan data berdasarkan SK-034 yang didukung dengan program aplikasi EPSBED yang “ringan” (program DOS) dan struktur data (termasuk format data) yang terus bertambah dari tahun ketahun. Penjelasan ini terkadang bagi para operator data di fakultas ataupun program studi menjadi sesuatu yang ditakuti, karena hingga saat ini proses yang terbaik dalam pengumpulan data adalah mengentri langsung ke program aplikasi tersebut. Jika proses dilakukan dengan mengkonversi langsung berarti cukup banyak harus dimengerti baik oleh operator atau yang menggabungkan data seluruh fakultas. Sepertinya EPSBED yang menakutkan ini harus dipoles agar kesan menakutkannya tidak muncul kembali, atau bahkan menjadi sesuatu yang menarik karena manfaat dan fungsi EPSBED sendiri sebenarnya untuk kepentingan program studi dan perguruan tinggi juga.

Apakah Dosen perlu mengetahui EPSBED sejauh itu ? Jawabannya bisa ya atau tidak, tergantung posisi Dosen ada dimana. Jika dosen tersebut ditunjuk menjadi panitia atau operator yang harus terjung langsung, disarankan wajib mengetahui hingga akar-akarnya. Namun jika dosen tersebut tidak terlibat sama sekali ke tim pengumpulan data, ada baiknya dosen tersebut tetap memantau EPSBED ini. Dosen yang tidak terlibat tetap harus memantau karena pada laporan epsbed terkandung data dosen yang bersangkutan.

Pastikan data dosen yang terdat di EPSBED adalah benar, karena ini menyangkut karier dan legalitas dosen yang berangkutan di perguruan tinggi yang ditetapkan. Data apa saja yang harus dilengkapi ?

  1. Profil Dosen
  2. Riwayat Pendidikan
  3. Data Penelitian
  4. Riwayat Cuti / Studi lanjut
  5. Data Akademis

Banyak kasus di beberapa perguruan tinggi lain terutama perguruan tinggi swasta yang mencatut data dosen untuk kebutuhan pengurusan ijin program studi ke DIKTI tanpa sepengetahuan Dosen yang bersangkutan. Untuk menghindari hal tersebut  diharapkan dosen ikut aktif memantau data EPSBED yang telah terdata di DIKTI melalui website http://evaluasi.or.id .

Untuk Presentasi powerpoint dapat di download di sini
DOWNLOAD PRESNTASI

Comment Form

About this blog

Thinking Technology, Solution, Research, Mobile, CIO, Future, Simple, Cheap and Save for IT.

Photostream

  • arif: Permisi agan2 di sini.mau tanya cara pararel olivetti agar bisa otomatis bisa nyetak butab lewat cs2 [...]
  • rere: pak minta pncerahan dong.. saat file mysql.sql di import ke phpMyadmin DatabaseManager, cara ngedit [...]
  • SUCIPTO: numpang naya dong gan....notebook acer aod250 modem internalnya ko g bisa di pake kenapa yh?pas di t [...]
  • marsumuddin: ya saya juga masih pake delphi sekarang embarcadero xe. soalnya ngedit programmnya gampang, ngrubah- [...]
  • Burhan Schraube KVD: Aku juga programmer Delphi dari awal 2000-an dalam proyek pembangunan Samsat Jateng Online. Dan samp [...]
July 2014
M T W T F S S
« Feb    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Pages